Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil: Pemimpin Harus Menjaga Lisan

Kompas.com - 12/12/2016, 16:27 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, pada hakikatnya setiap manusia merupakan seorang pemimpin. Oleh sebab itu, seorang pemimpin harus selalu menjaga perilaku dan lisannya.

"Kami sedang ditakdirkan sebagai pemimpin umat. Kami harus hati-hati dan menjaga lisan," ucap Emil, sapaan akrabnya.

Hal itu disampaikan Emil di hadapan ratusan ribu jemaah di Lapangan Gasibu, Bandung, dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Senin (12/12/2016).

Menurut Emil, pemimpin daerah punya tanggung jawab lebih besar lebih dari sebatas memimpin dirinya sendiri dan keluarga. Tindak-tanduk kepala daerah akan menjadi sorotan masyarakat.

"Karena lisan bisa menggerakan dan menghancurkan. Lisan bisa menghalalkan yang haram dan mengharamkan yang halal. Doakan kami agar bisa menjaga lisannya," kata Emil.

Selain memberi pemaparan tugas seorang pemimpin, Emil turut pula menyerukan hakikat toleransi. Ia menegaskan bahwa Indonesia telah dibangun atas keberagaman.

"Kuncinya saling menghormati, insya Allah selesai dan lancar, baik lisan maupun perbuatan. Nah, (sikap tidak menghormati) itu cikal bakal perpecahan," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com