Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengaku Intel, Joshua Anggara Kuras Tabungan Wanita Ini Sebesar Rp 80 juta

Kompas.com - 27/11/2016, 17:08 WIB
Muhlis Al Alawi

Penulis

MADIUN, KOMPAS.com - Mengaku sebagai anggota Intel Polres Madiun, Joshua Anggara Putra (25), warga Desa Sirapan, Kecamatan Madiun, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, mampu memperdaya S, hingga bisa menguras tabungan wanita tersebut sebesar Rp 80 juta.

Modusnya, tersangka berjanji menikahi S dengan jaminan dirinya sebagai anggota polisi.

"Tersangka anggota Intel Polres Madiun gadungan ini menjanjikan kepada janda S akan menikahinya. Tergiur dengan janji tersangka, korban menuruti semua permintaan Joshua hingga memberikan ATMnya hingga isinya Rp 80 juta habis," ucap Hanif kepada Kompas.com, Minggu ( 27/11/2016).

Tak hanya tabungan yang isinya dikuras habis, kata Hanif, janda S juga mengeluhkan sudah mengorbankan banyak harta namun tersangka Joshua tak kunjung menikahinya. Merasa dibohongi tersangka, janda S melaporkan Joshua ke polisi.

Tak hanya S, lanjut dia tersangka Joshua juga dilaporkan seorang gadis berinisial A.

Laporan itu menyebutkan Joshua menipu gadis A karena janji memberikan pekerjaan. Namun janji itu tidak kunjung terwujud.

"Orang tua korban melaporkan Joshua ke polisi lantaran janji tersangka bakal memberikan pekerjaan bagi anaknya di Bank BCA dan Pertamina tidak kunjung ada," katanya.

Menurut dia, orang tua korban sudah menyetor uang sebesar Rp 10,5 juta kepada tersangka. Setelah dicek di BCA Cabang Madiun dan Pertamina ternyata kedua perusahaan itu tidak membuka lamaran pekerjaan.

Hanif menyebutkan, polisi juga mendapatkan informasi tersangka sudah menipu banyak orang dengan modus mencarikan pekerjaan. Hanya saja, baru dua korban yang melaporkan kasus itu ke polisi.

Tersangka dijerat dengan pasal 378 KUHP tentang tindak pidana penipuan. Tersangka diancam dengan hukuman empat tahun penjara. "Saat ini tersangka sudah ditahan di Mapolres Madiun," ujar Hanif. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com