Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Nyenggol" Truk, Motor Masuk Kolong dan Habis Terbakar

Kompas.com - 14/11/2016, 10:33 WIB
Muhlis Al Alawi

Penulis

MADIUN, KOMPAS.com - Sebuah sepeda motor habis terbakar setelah bersenggolan dengan truk pengangkut pakan ayam dan masuk ke kolongnya  di Dusun Petung, Desa Pajaran, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun, Senin (14/11/2016). Sementara bagian bawah truk juga sempat ikut terbakar.

Truk mulai terbakar setelah sepeda motor yang menyenggol bemper depan kiri kendaraan roda enam itu jatuh dan masuk kedalam kolong sehingga menimbulkan percikan api.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Madiun, AKP Inggal Widya Perdana yang dikonfirmasi Kompas.com, Senin ( 14/11/2016) mengatakan, kecelakaan itu terjadi lantaran pengemudi sepeda motor Honda GL Max bernomor polisi AG 3075 PX yang dikemudikan Dimas Hendrik Mahardika, warga Nganjuk itu mendahului lewat kiri dan tidak menjaga jarak dengan truk. Akibatnya bersenggolan dengan bemper depan kiri truk tersebut.

"Beruntung pengemudi sepeda motornya tidak ikut masuk kolong dan terpental ke arah kiri. Saat ini pengemudi masih dirawat di puskesmas setempat," kata Inggal.

Dia menjelaskan, kecelakaan itu bermula ketika truk fuso bernomor polisi AD 1862 CU yang kemudikan Sukamto, warga Solo dan sepeda motor yang dikemudikan Dimas berjalan bersama-sama dari arah Nganjuk ke Madiun.

Sesampai di lokasi, sepeda motor yang dikemudikan Dimas yang berjalan dibelakang truk fuso mendahului dari sebelah kiri dan menyenggol bemper depan bagian kiri truk tersebut Akibatnya, pengemudi sepeda motor jatuh ke kiri sedangkan sepeda motornya jatuh ke kanan masuk ke kolong truk fuso. Rupanya, sepeda motor yang terseret masuk ke kolong menimbulkan percik api lalu terbakar.

"Rencananya pengemudi truk itu mau membawa pakan ayam dari Surabaya ke Solo. Kebakaran hanya terjadi bagian depannya saja. Baik pengemudi sepeda motor dan truknya selamat," katanya.

Menurut Inggal, begitu terbentur bemper sepeda motor masuk kolong truk sedangkan pengemudi sepeda motor terpental ke kiri sehingga hanya mengalami luka lecet saja.

Sementara pengemudi truknya langsung menghentikan truk dan loncat keluar begitu mengetahui ada kobaran api dari bawah truknya.

Kebakaran tidak merambat ke bagian belakang truk lantaran sepuluh menit setelah kebakaran mobil pemadam api tiba di lokasi.

Sementara sepeda motor habis terbakar dan hanya meninggalkan rangkanya saja.

Ia menambahkan usai kecelakaan berlangsung, kemacetan tidak terjadi di lokasi lantaran posisi truk tidak menutup jalan sehingga kendaraan masih bisa lewat meski harus berlahan jalannya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com