Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Gabungan Bongkar "Camp" Penambang Emas Tanpa Izin di Gorontalo

Kompas.com - 19/10/2016, 20:39 WIB
Rosyid A Azhar

Penulis

GORONTALO, KOMPAS.com –  Tim gabungan menertibkan penambang emas tanpa izin di Dusun Pasir Putih Desa Pilomonu Kecamatan Mootilango Kabupaten Gorontalo.

Sejumlah barang bukti diamankan petugas, antara lain 2 buah dinamo listrik, 6 buah mesin pompa air, gergaji mesin, 4 karpet penyaring emas, mesin diesel, belanga, dan peralatan lainnya.

Tim gabungan ini terdiri dari unsur Polres, Kodim, dan Dinas Kehutanan Kabupaten Gorontalo.

“Operasi ini dipimpin langsung oleh AKP Wawan Andi, Kabag Ops Polres Gorontalo. Saat petugas sampai di lokasi, para penambang ini sudah melarikan diri dan meninggalkan peralatan kerjanya,” kata Kapolres Gorontalo, AKBP Purwanto, Rabu (19/10/2016).

Pondok penambang dan peralatan yang ditinggalkan dibongkar paksa oleh tim gabungan ini. Operasi ini dilakukan sebagai upaya penegakan hukum.

“Kami mengimbau agar masyarakat menghentikan kegiatan penambangan tanpa izin karena akan merusak lingkungan dan sumber daya alam yang ada, serta membuat Negara mengalami kerugian dari pendapatan yang seharusnya diterima oleh negara,” ucap Purwanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com