Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Diberi Nilai Nol hingga Tak Naik Kelas, Orangtua Adukan Sekolah ke KPAI

Kompas.com - 06/09/2016, 14:18 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - Danny Daud Setiana, warga Kota Bandung, mengadu ke Komisi Perlindungan Anak (KPA), Jakarta, Senin (5/9/2016), karena menilai SMA Negeri 4 Kota Bandung telah melakukan diskriminasi dan bersikap arogan terhadap anaknya, DPR (15), yang bersekolah di tempat itu.

Danny mengaku, anaknya mendapatkan nilai nol pada mata pelajaran Matematika dan nilai jelek pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di rapor. Akibatnya, anak perempuannya itu tidak naik kelas.

"Poin penting yang kami pertanyakan, mengapa anak kami ini mendapatkan nilai nol dan poin turunannya itu menjadi tidak naik kelas. Tapi yang utamanya kenapa sampai dapat nilai nol," kata Danny melalui sambungan telepon, Senin (5/9/2016).

Danny mengatakan, pemberian nilai nol itu lantaran anaknya tidak masuk sekolah selama tiga minggu. Padahal anaknya tidak masuk bukan tanpa alasan. Menurut dia, anaknya harus beristirahat selama dua minggu lantaran sakit. Anaknya pun harus mengikuti persiapan olimpiade biologi selama seminggu.

"Makanya kami ajukan ke KPA karena ini merupakan tindakan kekerasan psikis," kata Danny.

Menurut Danny, sikap itu membuat anaknya mengalami depresi, merasa tidak dihargai, sampai tidak ingin melanjutkan sekolah. Sebab anaknya merasa percuma sekolah jika hanya diberikan nilai nol.

"Itu yang membuat anak saya down bahkan pernah mencoba bunuh diri, walau masih ada pendampingan kami dan keinginan itu segera kami hilangkan. Itu kenapa kami ke KPI," kata Danny.

Danny mengaku ingin sekolah memberikan jawaban yang tidak arogan dan diskriminasi. Dia mengaku, mendapatkan perlakuan arogan dan diskriminasi ketika mempertanyakan persoalan anaknya yang bisa mendapatkan nilai nol tersebut.

"Kami ingin jalan damai dari pihak sekolah dengan temu wicara, yang sama-sama pada posisi equal (sama rata). Selama ini kami merasa tidak equal karena itu keputusan sekolah, tidak bisa diganggu gugat," kata Danny.

 

Berita ini telah tayang di Tribun Jabar, Senin (5/9/2016), dengan judul: Dapat Nilai Nol, Siswi SMAN 4 Bandung Ini Mau Bunuh Diri, Orangtua Mengadu ke KPA

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com