Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penumpang Kapal Menuju Bawean Sempat Tertahan

Kompas.com - 15/06/2016, 08:33 WIB
Hamzah Arfah

Penulis

GRESIK, KOMPAS.com – Ratusan penumpang kapal Express Bahari 8C yang hendak menuju Pulau Bawean, sempat tertahan di Pelabuhan Gresik, Jawa Timur, Selasa (14/6/2016).

Para penumpang yang telah membeli tiket sempat terkatung-katung di Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Gresik karena menunggu kabar cuaca membaik.

"Karena cuaca buruk dan gelombang tinggi, kapal kabarnya tidak boleh berlayar," kata salah satu calon penumpang Ahmad Wasil, Selasa.

Setelah pemantauan ulang terhadap prakiraan cuaca, KSOP Kelas II Gresik akhirnya memutuskan untuk memberikan izin kepada kapal tersebut untuk berlayar. Sebanyak 358 penumpang yang semula sempat menunggu tanpa kepastian, akhirnya kembali sumringah.

Pemberangkatan kapal dilakukan setelah manajemen kapal Express Bahari 8C bersama nakhoda dipertemukan di dalam ruang KSOP Kelas II Gresik. Setelah rapat tertutup hampir 30 menit lebih, akhirnya kapal penumpang tersebut diperbolehkan berlayar.

"Kami sempat menahan kapal untuk tidak berlayar karena informasinya pada hari ini (kemarin) tinggi gelombang mencapai 0,8 sampai 2,5 meter. Tapi setelah kami melakukan koordinasi ulang dengan penjaga yang berada di pertengahan perairan Selat Jawa, kami putuskan untuk memberangkatkan kapal karena tinggi gelombang di sana hanya satu meter," kata Kepala KSOP Kelas II Gresik, Junaidi.

Ia menyatakan, penundaan pemberangkatan kapal itu murni karena menunggu cuaca membaik. Ia tidak berani mengambil risiko seandainya cuaca belum membaik.

"Kami juga tetap sampaikan kepada operator, supaya berhati-hati dalam pelayaran ini," kata dia.

Kapal Express Bahari 8C berkapasitas 390 orang itu akhirnya tetap memberangkatkan 358 penumpang menuju Pulau Bawean.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com