Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudik Pakai Motor? Siap-siap Dipaksa Beristirahat

Kompas.com - 01/06/2016, 08:08 WIB
Ari Himawan Sarono

Penulis

BREBES, KOMPAS.com - Kepala Korps Lalu lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Agung Budi Maryoto mengatakan, pihaknya akan memaksa para pemudik yang menggunakan motor agar beristirahat.

"Ada sepuluh check point di jalur pantura agar pemudik motor berhenti. Nanti di setiap check point akan disediakan tempat shalat, istrahat, dan segala macam. Sehingga peredaran darah lancar sehingga pemudik bisa nyaman melanjutkan perjalanan," kata Agung saat berada di pintu Tol Brebes Timur, Selasa (31/5/2016).

Langkah memaksa untuk beristirahat ini merupakan salah satu cara mengurangi kepadatan pemudik sepeda motor yang diperkirakan jumlahnya naik hingga dua kali lipat.

Terkait arus mudik, Agung memprediksi pintu tol Brebes Timur akan terjadi kemacetan saat arus mudik dan balik 2016. Untuk itu, pihaknya mengantisipasi dengan melakukan rekayasa lalu lintas untuk mengurangi kepadatan yang terjadi di pintu keluar tol.

"Jadi kalau terjadi kepadatan di pintu Tol Brebes timur akan menggunakan sistem three in one, yaitu tiga lajur dari tol sementara yang masuk ke tol hanya menggunakan satu lajur," ujarnya.

Tak hanya itu, apabila kepadatan masih terjadi di pantura, di Simpang Empat Maya Kota Tegal, kendaraan pemudik akan langsung menuju ke jalur lingkar utara. Namun, infrastruktur jalan dari hasil pengecekan masih dalam kondisi belum diaspal. Sehingga pihaknya meminta pihak terkait agar bisa secepatnya mengaspal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com