Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Petugas Kaget Temukan Replika Senjata Api Saat Sidak di Rutan Kajhu

Kompas.com - 09/03/2016, 13:58 WIB
Daspriani Y Zamzami

Penulis

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Dua unit senjata laras panjang dan satu unit pistol ditemukan petugas Kantor Wilayah kementriah Hukum dan HAM Aceh saat melakukan inspeksi mendadak dan razia di Rutan Kajhu, Aceh Besar, Rabu (9/3/2016)

Namun, semua senjata itu ternyata adalah senjata mainan hasil kerajinan tangan seorang napi di rutan tersebut dan terbuat dari bubur kertas. Padahal, temuan ini sempat mengejutkan petugas.

"Ini adalah hasil kerajinan tangan napi, ada napi punya keahlian membuat aksesoris dan hiasan dari bubur kertas koran," ujar Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Aceh, Suwandi, Rabu (9/3/2016).

"Selain bikin bunga dan replika binatang dia juga membikin replika senjata api, jadi ini bukan senjata melainkan mainan hasil kerajinan tangan saja, tapi tetap kita sita," kata dia.

Saat melakukan sidak dan razia di Rutan Kajhu, Aceh Besar, pertugas menemukan 10 linting ganja kering, 40 unit telpon seluler, belasan senjata tajam ukuran kecil, dan uang tunai senilai Rp 3.970.000.

Suwandi menyebutkan, sidak dan razia ke Lapas dan Rutan di Banda Aceh ini, juga dilakukan untuk memenuhi perintah Presiden Joko Widodo.

Presiden telah memerintahkan Kementerian Hukum dan HAM agar lebih meningkatkan pengawasan di lapas yang disinyalir sebagai tempat basah peredaran narkoba.

"Nah, jadi sidak dan razia ini memang tujuannya selain menjalankan perintah presiden, juga untuk memastikan bahwa lapas dan rutan bebas dari narkoba," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com