Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

GP Ansor dan Barisan Hindu Dharma Ikut Amankan Natal di Kupang

Kompas.com - 22/12/2015, 18:03 WIB
KUPANG, KOMPAS.com — Polres Kupang Kota menggandeng ormas Islam, PW GP Ansor, untuk mengamankan perayaan malam Natal dan Tahun Baru 2016.

Selain GP Ansor, Polres Kupang Kota juga menggandeng barisan Hindu Dharma, Komdim 1604 Kupang, dan Satpol PP Kota Kupang untuk memastikan umat Kristen bisa merayakan Natal dengan aman.

Untuk itu, Selasa (22/12/2015), Polres Kupang Kota menggelar rapat koordinasi Ops Lilin Turangga 2015 di Mapolres Kupang Kota.

Rapat koordinasi itu dihadiri Dandim 1604 Kupang, Letkol Subar, GP Ansor, Barisan Hindu Dharma, dan Satpol PP Kota Kupang.

Rapat koordinasi ini langsung dipimpin Kapolres Kupang Kota AKBP Budi Hermawan.

Dalam rapat tersebut, Budi mengatakan tidak memberikan toleransi terhadap perilaku yang berpotensi menimbulkan gangguan.

Hal itu termasuk sepeda motor dengan knalpot racing. Bagi pengendara yang kedapatan menggunakan asesori itu, kendaraannya langsung diamankan.

"Untuk kendaraan yang menggunakan knalpot racing akan langsung kita amankan. Kita akan pastikan tidak ada suara bising kendaraan bermotor yang mengganggu perayaan Natal," kata Budi.

Sementara itu, Ajhar Jowe, Sekretaris PW Ansor NTT, mengatakan, sebanyak 100 anggota PW Ansor dipastikan membantu pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru.

"Dua puluh anggota PW Ansor dari Kabupaten Kupang dan 80 dari PW Ansor Kota Kupang. Ini merupakan bukti kerukunan antar-umat beragama di NTT," kata Ajhar.

"Kita juga ingin membantu pengamanan malam Natal sehingga saudara-saudari kita yang Nasrani bisa beribadat dengan nyaman tanpa ada gangguan," kata dia.

Kabagops Polres Kupang Kota Kompol Gede Arya Bawa menambahkan, sebanyak 667 personel dikerahkan untuk mengamankan 93 gereja di Kota Kupang.

Selain itu, Polres Kupang Kota juga akan membangun delapan pos pengamanan di titik keramaian di Kota Kupang untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang berbelanja maupun hendak beribadat.

"Sebanyak empat sampai enam personel akan kita tempatkan di setiap gereja. Selain itu, kita juga akan dibantu teman-teman dari PW Ansor, Barisan Hindu Darma, Kodim 1604, dan Satpol Kota Kupang," kata Gede.

Untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat Kota Kupang pada malam hari, Polres Kupang Kota juga akan mengadakan patroli. (din)

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com