Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Situs Liyangan dan Umbul Jumprit Bakal Jadi Objek Wisata Budaya

Kompas.com - 01/12/2015, 05:05 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

TEMANGGUNG, KOMPAS.com - Kawasan sekitar situs Liyangan di Dusun Liyangan, Desa Purbosari, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung, akan dikembangkan menjadi kawasan wisata budaya.

Kawasan tersebut akan menjadi lebih menarik jika disatukan dengan sumber mata air Umbul Jumprit yang terletak tidak jauh dari situs bersejarah itu.

Hal tersebut dikatakan salah satu anggota Komisi V DPR RI Sujadi di Pendopo Pengabdian Kabupaten Temanggung, Senin (30/11/2015).

"Situs Liyangan merupakan cagar budaya yang 'nyambung' dengan umbul Jumprit. Kami akan coba kembangkan menjadi tujuan wisata menarik di Kabupaten Temangung," kata Sujadi.

Dia mengatakan, potensi yang akan dikembangkan hanyalah desa-desa sekitar situs Liyangan bukan pada kawasan inti.

Selanjutnya, untuk menarik daya tarik wisatawan, katanya, dibangun tempat penjualan oleh-oleh khas daerah tersebut atau juga tempat-tempat penginapan.

"Ke depan perlu dibuat taman-taman, kolam dan lainnya untuk mendukung pengembangan objek wisata," kata dia.

Situs Liyangan merupakan komplek Candi peninggalan zaman Mataram Kuno. Ditemukan di kawasan penambangan pasir di lereng Gunung Sindoro pada tahun 2008 silam.

Sedangkan Umbul Jumprit merupakan sumber mata air yang airnya dimanfaatkan umat Buddha untuk upacara Waisak setiap tahun.

"Temanggung punya banyak potensi alam yang bisa dikembangkan menjadi destinasi wisata, kami akan dorong itu," tandas Sujadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com