Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ritual "Podo" Patung Bunda Maria Perdamaian

Kompas.com - 11/10/2015, 07:32 WIB
Kontributor Manggarai, Markus Makur

Penulis

BORONG, KOMPAS.com - Ratusan umat Katolik di  Paroki Santo Arnoldus dan Josef, Keuskupan Ruteng, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat (9/10/2015), melaksanakan ritual “Podo” (mengantar) Patung Bunda Maria Perdamaian dari Lingkungan Padarambu ke lingkungan Mabako dalam bulan Rosario yang dilaksanakan pada bulan Oktober setiap tahun.

Ritual “Podo” dilakukan oleh tokoh adat Lingkungan Padarambu, Robin Jondo didampingi oleh sejumlah tokoh adat di lingkungan tersebut.

Sebelum diantar ke Lingkungan Mabako, Jondo mengungkapkan bahasa adat untuk mengantar Patung Bunda Maria Perdamaian kepada lingkungan Mabakou.

Sesudah ritual itu, Patung Bunda Maria Perdamaian disambut Ketua Lingkungan Mabakou, Kanisius Pati dan Ketua Komunitas Basis Tahta Kebijaksanaan, Stanislaus Lapong Bora yang diiringi lagu-lagu rohani yang bernuansa nyanyian pujian Maria.

Selain itu, Patung Bunda Maria Perdamaian diberi kalung berupa selendang bermotif kain songke Manggarai Raya sebagai tanda penghormatan kepada-Nya.

Kanisius Pati, Ketua Lingkungan Mabakou, mengatakan selamat datang Bunda Maria di lingkungan Mabakou. Terima kasih banyak kepada umat basis di Lingkungan Padarambu yang sudah mengantarnya.

Patung Bunda Maria Perdamaian, lanjut Kanisius, sudah keliling dari rumah-rumah keluarga di sejumlah stasi di wilayah Paroki ini. Kini, Ia tiba di lingkungan ini.

"Saya berharap umat lingkungan Mabakou dalam bulan rosario ini kusuk berdoa melalui perantaraan Sang Bunda Maria kepada Yesus Kristus," kata dia mengajak. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com