Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Ada Kursi, Puluhan Siswa SD ini Duduk di Lantai Hingga Tertidur

Kompas.com - 03/10/2015, 14:06 WIB
Kontributor Kupang, Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KEFAMENANU, KOMPAS.com - Sejak 2013 puluhan siswa SD Negeri Temkuna, Kecamatan Insana Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur (NTT), terpaksa harus duduk di lantai saat mengikuti proses kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Prasarana sekolah rusak. Proposal yang diajukan sekolah untuk memperbaiki fasilitas tak kunjung disetujui.

“Memang kursi dan mejanya ada, tetapi kebanyakan sudah rusak dan belum diganti. Siswa yang duduk di lantai itu adalah dari kelas I sampai IV, sedangkan kelas V dan VI tidak,” kata Kepala SD Negeri Temkuna, Bernadeta Bifel kepada Kompas.com, Sabtu (3/10/2015)

Empat kelas yang kursi dan mejanya rusak yakni kelas I dengan jumlah siswa sebanyak 65 orang, kelas II dengan siswa 45 orang, kelas III sebanyak 40, dan kelas IV yaitu sebanyak 47 orang.

“Saat pelajaran ada siswa yang akhirnya tertidur nyenyak hingga jam istirahat dan itu dimaklumi oleh guru yang mengajar,” kata Bernadeta.

Pihak sekolah, kata Bernadeta, telah berulang kali menyampaikan masalah ini kepada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten TTU. Oleh Diknas, sekolah diminta untuk mengajukan proposal.  

“Kami disuruh untuk buatkan proposal dan kami sudah masukan proposal beberapa kali untuk penambahan ruangan belajar. Tapi detik ini pun tidak ada jawaban,” ujar Bernadeta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com