Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Pengungsi Rohingya Mengaku Alami Pelecehan Seksual di Penampungan

Kompas.com - 29/09/2015, 17:53 WIB
Kontributor Lhokseumawe, Masriadi

Penulis

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com — Empat pengungsi Rohingya diduga mengalami pelecehan seksual di lokasi penampungan Blang Adoe, Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara.

Pelecehan terjadi pada Senin 28 September 2015 malam. Keempat korban itu berinisial AM, HA, ZU, dan TI.

Kepala Humas Pemerintah Aceh Utara Amir Hamzah membenarkan bahwa pihaknya telah menerima informasi dugaan pelecehan seksual tersebut. Namun, bentuk pelecehan dan pelakunya belum jelas.

"Kami sangat menyesalkan kejadian itu. Tentu kasus ini akan diusut tuntas," ujar Amir.

Dia menjelaskan, keempat warga Rohingya itu diantar ke selter selepas maghrib dalam kondisi histeris. Mereka juga terlihat trauma. Mereka mengaku telah mengalami pelecehan seksual.

"Untuk mengetahui siapa pelaku pelecehan seksual itu, kami sudah minta seorang warga Rohingya untuk membujuk empat korban ini agar mau bercerita sehingga pelakunya diketahui," ungkap Amir.

Dia menyebutkan, keempat korban ini awalnya akan dibawa ke rumah sakit. Namun, warga Rohingya lainnya meminta agar mereka tetap di selter sehingga dokter selter yang mendampingi keempat korban itu.

"Dalam waktu dekat, kami buat rapat untuk membahas kasus ini. Untuk proses hukum, tentu kami minta polisi untuk mengusutnya," kata Amir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com