Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

24 Provinsi Akan Berpartisipasi dalam Karnaval Khatulistiwa

Kompas.com - 20/08/2015, 21:05 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com - Rangkaian perhelatan Karnaval Khatulistiwa rencananya diikuti oleh 24 provinsi se-Indonesia yang digelar pada 22 Agustus 2015 mendatang. Informasi yang dihimpun Kompas.com, total peserta dari luar Kalimantan Barat dari 24 provinsi tersebut diperkirakan sebanyak 1.482 orang.

Provinsi yang rencananya mengikuti karnaval di antaranya Aceh, Sumatera Utara, DKI Jakarta, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Utara, Maluku, dan Papua. Selain itu, sejumlah provinsi lainnya dari Pulau Jawa dan Sumatera juga akan mengikuti rangkaian karnaval dalam rangka peringatan 70 tahun Kemerdekaan Indonesia.

Wakil Ketua Panitia G70, Andre Sumual mengungkapkan, karnaval akan menampilkan arak-arakan kendaraan hias dan pejalan kaki yang menggunakan pakaian adat. Karnaval tersebut juga melibatkan sedikitnya 50 kelompok seni se-Kalbar.

"Presiden Joko Widodo juga rencananya akan mengikuti arak-arakan menggunakan mobil dari Rumah Radank menuju Taman Alun Kapuas. Dari situ kemudian presiden menyeberang ke masjid jami untuk melepas karnaval air," ujar Andre, Kamis (20/8/2015).

Setibanya di masjid jami, presiden akan menyalakan meriam karbit yang menjadi ciri khas budaya kota Pontianak. Meriam karbit menjadi penanda pelepasan konvoi karnaval air yang akan menyusuri Sungai Kapuas, sungai yang menjadi nadi khatulistiwa.

Beragam jenis kapal mulai dari sampan tradisional hingga perahu milik pemerintah akan dihias untuk mengikuti karnaval air. Konvoi perahu hias rencananya membentuk formasi 17-8-45, dengan komposisi 17 perahu di depan, 8 perahu di tengah, dan 45 perahu di belakang.

Jumlah peserta karnaval air, termasuk awak kapal dan nahkoda diperkirakan mencapai lebih dari 2.000 peserta. Seusai karnaval darat dan air, kata Andre, puncak rangkaian akan ditutup dengan panggung hiburan rakyat pada malam harinya.

Artis papan atas seperti Slank, Marcello, Saykoji, dan artis lokal Fery Sape' dipastikan akan tampil dalam panggung hiburan. Karnaval Khatulistiwa di Pontianak menjadi puncak dari serangkaian kegiatan peringatan HUT ke-70 RI yang diinisiasi pemerintah pusat bersama pemerintah daerah, BUMN dan swasta. Seluruh rangkaian dikoordinir oleh Panitia Nasional Gerakan Ayo Kerja 70 Tahun Indonesia Merdeka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com