Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Akan Hadiri Karnaval Khatulistiwa, TNI Siapkan 4.500 Personel

Kompas.com - 20/08/2015, 16:54 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com - Pangdam XII Tanjungpura Mayor Jenderal Toto Rinanto mengatakan, sebanyak 4.500 personel disiagakan selama perhelatan Karnaval Khatulistiwa yang akan digelar pada Sabtu, 22 Agustus 2015 mendatang.

Pernyataan tersebut disampaikan Toto seusai apel gelar pasukan pengamanan di depan Markas Pomdam, Jalan Rahadi Usman, Pontianak, Kamis (20/8/2015).

"Gelar pasukan ini dalam rangka kunjungan Presiden Joko Widodo beserta istri dalam rangkaian Karnaval Khatulistiwa. Untuk itu, perlu adanya persiapan yang baik, salah satunya di bidang pengamanan," ujar Toto, Kamis (20/8).

Personil yang dilibatkan tersebut, jelas Toto, terdiri dari unsur TNI dan Polri. Selain itu, unsur pemerintahan juga dilibatkan dalam persiapan pengamanan tersebut.

"Sesuai undang-undang, tugas TNI dalam operasi militer selain berperang adalah bertanggung jawab terhadap keamanan presiden beserta keluarganya," jelas Toto.

Toto berpesan kepada seluruh personel untuk tidak menyepelekan hal-hal kecil yang berpotensi menimbulkan kerawanan. Koordinasi antar-pengamanan pun harus dilakukan secara terus-menerus, baik itu dari ring satu hingga ring tiga.

"Kepada personel untuk tetap jeli terhadap perkembangan situasi yang ada. Manfaatkan info dari intelijen, dan tidak memandang sepele hal yang perlu mendapat perhatian. Kelalaian berdampak pada gagalnya tugas pengamanan," pesan Toto.

Karnaval Khatulistiwa rencananya akan dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo. Karnaval yang mengusung tema "Optimis Menatap Masa Depan Indonesia" ini bertujuan untuk membangkitkan optimisme dan kemandirian bangsa.

"Karnaval ini nantinya diharapkan bisa digelar secara rutin, dan tentu saja harapannya menjadi agenda kalender pariwisata di Kalimantan Barat," harap Andre Sumual, wakil ketua Panitia Nasional Gerakan Ayo Kerja 70 Tahun Indonesia Merdeka atau yang disingkat G70.

Rencananya, karnaval akan dimulai pada pukul 14.00 WIB dari Rumah Radank hingga Alun-alun Kapuas. Rangkaian karnaval berisi festival darat dan festival air.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com