Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara Ngurah Rai Keliru Pasang Pengumuman, Calon Penumpang Bingung

Kompas.com - 08/08/2015, 10:59 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis

TUBAN, KOMPAS.com — Bunyi pengumuman penutupan operasional Bandara Ngurah Rai, Bali, Sabtu (8/8/2015) ini sempat membuat bingung calon penumpang karena isinya yang tidak sesuai dengan tanggal kejadian peristiwa.

Dalam pengumuman yang dipasang hari ini, disebutkan bahwa penutupan terkait dengan letusan Gunung Raung di Jawa Timur pada tanggal 9 Juli 2015 atau sebulan yang lalu.  Sejumlah penumpang pun mempertanyakan isi pengumuman itu.

"Kan sekarang (tanggal) 8 Agustus, kok ditulis 9 Juli? Itu untuk pengumuman kapan ya? Atau petugasnya salah tulis ya?" tanya Ira, yang akan berangkat ke Yogyakarta dengan pesawat Garuda Indonesia.

"Oh ya? Ya coba saya cek dulu. Maaf atas kesalahannya. Terima kasih atas koreksinya," kata Co-GM PT Angkasa Pura I Gusti Ngurah Rai, I Gusti Ngurah Ardita, di Tuban, Bali.

Pihak bandara mengaku keliru menyebut tanggal dan bulan kejadian. Seharusnya, penutupan hari ini terkait dengan letusan Gunung Raung yang memang terjadi pada hari ini.

Setelah ditelusuri, ternyata tanggal "9 Juli 2015" yang tertulis dalam pengumuman permanen tersebut adalah tanggal saat Gunung Raung pertama kali meletus. Saat itu langsung dilakukan penutupan bandara selama tiga hari. Pengumuman yang dikeluarkan pada hari itu rupanya tidak diperbaiki lagi.

Pengumuman tersebut berbunyi, "Dikarenakan letusan Gunung Raung pada tanggal 9 Juli 2015 di Jawa Timur, menyebabkan beberapa penerbangan di Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai mengalami penundaan dan menyebabkan kepadatan penumpang di bandar udara. Oleh karena itu, kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Semoga penerbangan anda menyenangkan."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com