Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rizky Bayi 2 Tahun Sekarat, Tak Ada Biaya Perawatan

Kompas.com - 20/07/2015, 16:21 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis

MANADO, KOMPAS.com — Komisi Daerah Perlindungan Anak (Komda PA) Sulawesi Utara terpaksa melarikan Rizky Olii, bayi berusia dua tahun yang ditemukan sudah dalam kondisi sekarat, ke rumah sakit, Senin (20/7/2015).

Jull Takaliuang dari Komda PA mengatakan, tindakan tersebut terpaksa diambil karena kedua orangtua bayi itu tidak lagi memedulikan kondisi anak mereka. "Bayi itu diambil dan tinggal dengan kakek dan neneknya di Kelurahan Bitung Barat, Kota Bitung," kata Jull.

Berdasarkan keterangan kakek Rizky, Marlon Olii, cucu mereka itu awalnya bersama dengan kedua orangtuanya, tetapi dua minggu lalu dikembalikan lagi.

"Waktu dua minggu lalu dibawa kepada kami, dia sakit berat. Ayah dan ibunya tidak punya uang untuk membawa Rizky berobat," kata Marlon.

Jull mengatakan, selain tidak memiliki biaya perawatan, kedua orangtua Rizky juga tidak lagi memedulikan kondisi bayi mereka. Kedua orangtua Rizky, Ali Budiman dan Nurhayati, tinggal di rumah kos yang berada di Pasar Tua, Bitung. Ali bekerja sebagai buruh bangunan.

"Melihat kondisi Rizky yang sudah tidak berdaya itu, kami Komda PA, hari ini membawa bayi itu ke Rumah Sakit Manembo-nembo, Bitung, agar bisa mendapat perawatan semestinya," kata Jull.

Jull berharap ada uluran tangan dari masyarakat untuk membantu proses perawatan Rizky dengan menghubungi langsung kakeknya atau juga bisa melalui Komda PA Sulut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com