Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Anggota TPN-OPM Paniai Dirujuk ke RS Bhayangkara

Kompas.com - 02/05/2015, 23:37 WIB
Kontributor Jayapura, Alfian Kartono

Penulis

JAYAPURA, KOMPAS.com - Dua anggota Tentara Pembebasan Nasional-Organisasi Papua Merdeka (TPN-OPM) Paniai yang sempat dirawat di UGD RSUD Nabire dirujuk ke RS Bhayangkara Jayapura. 

Yulian Nawipa dan Marchel Muyapa diamankan aparat kepolisian setelah mengalami luka dalam kontak tembak di jalan poros Samabusa-Nabire, Kampung Sanoba Pantai, Distrik Nabire, Kabupaten Nabire, Kamis (30/4/2015) lalu.

Keduanya dievakuasi dari Nabire ke Jayapura dengan pengawalan ketat menggunakan pesawat Skytruck milik kepolisian, Jumat (1/5/2015) sore. Setibanya di RS Bhayangkara, kedua korban luka tembak langsung dibawa ke kamar UGD dengan penjagaan ketat aparat kepolisian.

Yulian Nawipa, mengalami luka tembak di leher sementara Marchel Muyapa terkena tembak di kaki. Seperti diberitakan sebelumnya, Kelompok TPN-OPM Paniai pimpinan Leo Magai Yogi bersama empat orang pengikutnya terlibat kontak tembak dengan tim gabungan kepolisian Polda Papua dan Polres Nabire di jalan poros Samabusa, Kota Nabire, sekitar pukul 10.45 WIT, Kamis lalu.

Kontak tembak berawal ketika sebuah mobil Avanza yang mengangkut ke-5 anggota OPM dihadang aparat kepolisian yang melakukan pengintaian kelompok tersebut. Saat mobil dihentikan, salah seorang anggota OPM melepas tembakan ke arah anggota kepolisian.

Akibatnya terjadi baku tembak selama beberapa menit, sebelum akhirnya dua anggota OPM melarikan diri ke hutan setelah melihat tiga rekannya terkena tembakan aparat. Leo Magai Yogi yang merupakan pimpinan kelompok bersenjata akhirnya meninggal dunia setelah sempat dirawat di UGD RSUD Nabire.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com