Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Abraham Samad Diperiksa Lagi?

Kompas.com - 22/04/2015, 15:05 WIB
Kontributor Makassar, Hendra Cipto

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com — Meski Kepala Polri Jenderal (Pol) Badrodin Haiti telah menginstruksikan berlanjutnya kasus Ketua nonaktif Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Abraham Samad, aparat di Polda Sulselbar belum mengagendakan pemeriksaan lanjutan atas kasus itu.

Hal itu dikatakan Kepala Polda Sulselbar Inspektur Jenderal Anton Setiadji kepada wartawan seusai upacara serah terima jabatan sembilan Kapolres di wilayah tugas Polda Sulselbar di Auditorium Paramartha, Sekolah Kepolisian Negara (SPN) Batua, Makassar, Rabu (22/4/2015).

"Penyidikannya di Direktorat Reserse Kriminal Umum (Dit Reskrimum). Jadwal pemeriksaan lanjutan, itu kewenangan penyidik. Tapi akan ada pemeriksaan lanjutan dan itu harus," kata Anton.

Sementara itu, Direktur Reskrimum Polda Sulselbar Komisaris Besar Joko Hartanto mengaku sampai saat ini belum mengagendakan pemeriksaan lanjutan Abraham. "Intinya kasus tetap berjalan. Kalau jadwal belum ditetapkan sampai sekarang. Pemeriksaan lanjutan untuk Abraham harus karena guna kelengkapan berkas perkara. Untuk pemeriksaan saksi-saksi lain sudah tidak ada," tandas Joko.

Sebelumnya telah diberitakan, pemeriksaan Abraham Samad yang berlangsung di Direktorat Reserse Kriminal Umum (Dit Reskrimum) Polda Sulselbar, Selasa (24/2/2015), dihentikan penyidik karena tersangka mengalami sakit mag. Pemeriksaan lanjutan belum dilakukan karena menunggu instruksi Mabes Polri.

Dalam kasus yang membelit Abraham, Feriyani Lim, warga Pontianak, Kalimantan Barat, ini menjadi tersangka pemalsuan dokumen paspor. Pengajuan permohonan pembuatan paspor pada tahun 2007 itu, Feriyani Lim memalsukan dokumen dan masuk dalam kartu keluarga Abraham Samad yang beralamat di Boulevar, Kelurahan Masale, Kecamatan Panakkukang, Makassar.

Kasus pemalsuan dokumen ini dilaporkan Chairil Chaidar Said ke Bareskrim Polri pada 29 Januari 2015. Setelah menerima laporan dari Chairil Chaidar Said sebagai Ketua LSM Peduli KPK dan Polri ini, penyidik Polri melimpahkan kasus itu ke Polda Sulselbar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com