Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Jogja Makan Bersama di Pisowanan Agung

Kompas.com - 07/03/2015, 15:02 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Acara Pisowanan Agung Masyarakat Yogyakarta, Sabtu (7/3/2015) diramaikan dengan acara makan tumpeng bersama di Alun-alun Utara Keraton. Selain untuk meluncurkan logo "Jogja Istimewa" acara budaya Pisowanan Agung juga memperingati Jumenengan ke -26 Sri Sultan Hamengkubuwono X.

"Acaranya kita kemas dengan kegiatan budaya," ujar salah satu anggota tim 11 Herry Zudianto.

Herry mengungkapkan acara dibuka dengan kirab budaya. Salah satu yang istimewa dalam kirab, selain jumlah peserta dan berbagai macam komunitas kesenian di DIY, juga ada gunungan kaos logo baru Jogja. "Gunungan dari kaos itu nantinya akan diperebutkan oleh masyarakat," ucap Herry.

Usai kirab, lanjut Herry, acara dilanjutkan dengan Pergelaran Keraton. Ada juga ratusan tumpeng dan angkringan yang akan disediakan untuk masyarakat. " Ada ratusan. Ini dari partisipasi SKPD, kecamatan-kecamatan di DIY. Mereka mengirimkan masing-masing 50 tumpeng," tegas Herry.

Nantinya, tumpeng dan angkringan yang ada akan disantap bersama-sama oleh warga masyarakat yang menghadiri Pisowanan Agung.

Berdasarkan pengamatan Kompas.com, ribuan warga Jogja dan wisatawan terlihat memadati Jalan Malioboro hingga alun-alun utara. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com