Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Takut Banjir Susulan, Warga Sekitar Bengawan Solo Ogah Pulang

Kompas.com - 20/02/2015, 18:10 WIB
Kontributor Surakarta, M Wismabrata

Penulis


SUKOHARJO, KOMPAS.com -
Meski banjir yang melanda sebagian wilayah Sukoharjo, Jawa Tengah, mulai surut, sebagian warga memilih tetap bertahan di tenda pengungsian. Sudarmi, salah satunya.

Warga Desa Grogol ini memilih bertahan di pengungsian meski banjir di rumahnya mulai surut. Sudarmi mengaku masih trauma jika banjir susulan akan datang kembali karena hujan deras masih sering datang.

"Saya di sini dulu saja, jaga-jaga kali air naik lagi. Wong masih sering hujan," katanya, Jumat (20/2/2015).

"Tadi keluarga ada yang sudah melihat rumah, kotor dan lembab, tapi kami masih takut kalau hujan terus banjir lagi," tambahnya.

Sementara itu, sebagian warga lagi, terutama di Desa Kadokan, Kecamatan Grogol, mulai mendatangi rumah mereka dan bergotong royong membersihkan endapan lumpur yang masuk ke dalam rumah. Banjir yang datang Kamis malam tersebut pada Jumat siang sudah mulai surut di beberapa lokasi.

Kepala BPBD Sukoharjo, Suprapto, mengatakan, bahwa banjir memang sudah mulai surut di beberapa lokasi, namun sebagian masih tinggi genangannya.

"Banjir Jumat siang sudah mulai surut, namun di beberapa lokasi saja. Ada juga yang masih ada genangan dan warga memilih untk bertahan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com