Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesal Ditanya soal RUU Pilkada, Aher Bilang "Udah, Jadi Gubernur Aja... Titik!"

Kompas.com - 26/09/2014, 14:34 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan enggan berkomentar banyak terkait rapat paripurna DPR dalam mengesahkan RUU Pemilihan Kepala Daerah yang berlangsung sejak Kamis hingga diputuskan melalui voting pada Jumat (26/9/2014) dini hari.

Dalam rapat paripurna itu, putusan pemilihan kepala daerah kembali ke tangan parlemen. Aher—demikian dia bisa disapa—mengaku tak menyaksikan apa yang terjadi di Gedung DPR RI kemarin malam.

"Saya semalam pulang dari Jakarta, pulang ke sini sudah tengah malam. Pas saya ke sini, (rapat paripurna) sudah hampir selesai, jadi enggak nonton, saya tidur," kata Aher yang ditemui di rumah dinasnya di Gedung Pakuan, Jalan Otto Iskandardinata, Bandung, Jawa Barat, Jumat siang.

"Ditanggapi juga gitu-gitu aja. Tanya pakar ajalah, jangan tanya gubernur," ujar dia.

Aher mengaku tidak mengurusi soal pilkada langsung dan tidak langsung. "Saya mah punya jabatan empat tahun kurang lagi, mau fokus aja sebagai gubernur, kerja keras untuk memberikan prestasi terbaik, pembangunan yang paling baik untuk orang Jawa Barat, untuk masyarakat Jawa Barat, gitu ajalah," jawab dia.

Dia pun dimintai tanggapan sebagai kader PKS, partai yang "getol" menjadikan opsi tersebut gol. "Diwakili aja oleh ketua partai, tanya aja pengurus pusat, tidak semua orang harus berkomentar kan. Kalau urusan kader partai, tanya aja pengurus DPP," kilah dia.

Pertanyaan bertubi-tubi dari para wartawan membuat Aher terlihat semakin kesal. Puncaknya saat dia ditanya tentang pandangannya terhadap opsi ketiga dari Partai Demokrat? "Tanya aja para pakarlah, saya mah udah aja jadi gubernur dan bekerja dengan baik," ujar dia.

Namun, hal itu tak menyurutkan semangat para wartawan. Aher kembali mendapat pertanyaan soal untung-rugi dari pilkada langsung, dibandingkan dengan pilkada di DPRD.

"Itu tanya pakar juga. Itu kelebihan dan kekurangan, enak tuh kalau ditanyakan ke pakar, enak banget. Kalau saya menjawab juga tidak membawa sesuatu, tidak menjawab, juga tidak mengurangi sesuatu kan? Menjawab tidak menambah sesuatu, tidak menjawab tidak mengubah sesuatu. Udah, jadi gubernur aja, titik!" ujar Aher.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com