Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jemaah Haji Asal Muna Dapat Bantuan Uang Rp 2 Juta Per Orang

Kompas.com - 22/09/2014, 13:45 WIB
Kontributor Kendari, Kiki Andi Pati

Penulis

KENDARI, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara, memberikan bantuan biaya transportasi lokal sebesar Rp 2 juta per orang kepada 30 calon jemaah haji yang berangkat ke Mekkah tahun ini.

Dana bantuan tersebut nantinya akan dipergunakan untuk membiayai transportasi dari Kabupaten Muna hingga embarkasi Makassar.

Menurut Bupati Muna LM Baharuddin, dana bantuan itu disalurkan melalui panitia penyelenggara haji. Selain bantuan keuangan, juga diutus satu tenaga pembimbing haji untuk mendampingi para calon jemaah haji selama menjalankan ibadah rukun islam kelima itu.

"Dananya tidak banyak, tetapi semoga bisa membantu calon jemaah haji kita," kata Baharuddin, Senin (22/9/2014).

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Muna Kamaruddin mengimbau para calon jemaah haji mempersiapkan perlengkapan seperti masker dan handuk kecil, karena faktor cuaca panas di Mekkah saat ini.

"Jangan banyak keluar hotel, ikuti arahan dan petunjuk dari pembimbing haji, buang sifat keinginan sendiri dan senantiasa menjaga kebersamaan," ungkap dia.

Jumlah kuota calon jemaah haji Muna 2014 yang sebanyak 30 orang. Jumlah ini mengalami penurunan dalam dua tahun terakhir. Tahun 2012 lalu, calhaj Muna berjumlah 71 orang. Kemudian tahun 2013, turun lagi menjadi 51 orang.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com