Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kehadiran PPP dan PAN di Rakernas PDI-P sebagai Pertanda Baik

Kompas.com - 19/09/2014, 22:58 WIB
Kontributor Semarang, Puji Utami

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Politisi senior PDI Perjuangan Pramono Anung menilai, hadirnya perwakilan partai di luar partai koalisi Jokowi-JK merupakan pertanda baik.

Dua perwakilan partai yang hadir pada pembukaan Rakernas IV PDI Perjuangan di Marina Convention Center pada Jumat (19/9/2014) yakni PPP dan PAN. PPP diwakili Pelaksana Tugas Ketua Umum PPP Emron Pangkapi. Sedangkan dari PAN yang hadir yakni Wakil Ketua Umum PAN Drajad Wibowo dan Ketua Fraksi PAN Catur Sapto Edy.

Pramono mengatakan, dalam berpolitik sangatlah dinamis dan memang ada pembicaraan-pembicaraan secara tertutup.

"Dalam politik itu mau sama mau, tidak mungkin hanya satu sisi karena bagaimanapun proses komunikasi yang intensif akan sangat baik termasuk persoalan terkait RUU Pilkada," ujarnya.

Ia berharap kehadiran perwakilan kedua partai tersebut menjadi pertanda baik bagi pemerintahan Jokowi-JK ke depan. Sebab, menurut dia, pemerintahan yang baik akan menjadi kuat bila didukung oleh parlemen yang baik pula.

Terkait dengan RUU Pilkada, ia menyatakan yakin jika nantinya akan disahkan sesuai dengan harapan publik dan pilkada langsung tetap digunakan. Ia berharap kerja sama pada pilkada kali ini juga akan membuka ruang untuk komunikasi antar-partai politik.

"Tapi yang jelas terjadi atau tidak terjadi pada pemerintahan ke depan, kami meyakini di parlemen kami akan bekerja dengan semua fraksi yang ada," katanya.

Sebelumnya politisi PDI Perjuangan Aria Bima mengatakan pada rakernas itu memang sudah tradisi untuk mengundang seluruh perwakilan partai-partai lain. Meski begitu, dengan kehadiran partai di luar koalisi, ia mengaku pihaknya tidak akan terlalu gegabah menilai apakah itu sebagai bentuk komitmen politik untuk bergabung atau tidak. "Namun kita tetap menghormati dan menghargai kehadiran itu," jelasnya.

Rakernas IV PDIP yang dibuka oleh Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri ini juga dihadiri seluruh partai koalisi seperti dari Partai Nasdem, PKB, Partai Hanura dan PKPI. Presiden terpilih Joko Widodo dan wakil presiden terpilih Jusuf Kalla juga turut hadir. Rakernas dengan biaya Rp 2,6 miliar ini akan diselenggarakan hingga Minggu (21/9/2014) mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com