Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Musik dan Tarian Reog Sambut Warga di TPS

Kompas.com - 09/07/2014, 14:37 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis


YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Tepat pukul 07.00 WIB, iringan gamelan reog berkumandang di sekitar TPS 19 tepatnya di Dusun Gunungan, Desa Sumbermulyo, Kecamatan Bambanglipuro, Bantul mengundang warga untuk menggunakan hak pilihnya.

Ketika warga masuk ke TPS pun langsung disambut dengan iringan musik gamelan serta tarian Reog sebagai ucapan selamat datang.

"Sebenarnya rencana sudah sejak Pilleg kemarin. Namun baru Pilpres ini terlaksana petugas KPPS menggunakan pakaian reog, lalu ada gamelan dan tarian reog," jelas Suprawata, ketua KPPS 19 Dusun Gunungan, Desa Sumbermulyo, Kecamatan Bambanglipuro, Bantul, Rabu (9/7/2014).

Suprawanta mengungkapkan, di Dusun Gunungan sebenarnya sudah memiliki kelompok kesenian tradisional Reog dan sudah sejak lama berdiri. Jadi bisa dikatakan menjadi salah satu kekayaan kesenian dusun.

"Komplit, gamelanya ada, pemainnya ada, pakaian juga ada. Untuk mempromosikan dan menarik minat warga, maka petugas menggunakan kostum Reog di TPS," tegasnya.

Ia mengaku cukup butuh waktu untuk "dandan" (make up) ala Reog, mulai dari rias sampai dengan mengenakan pakian, setidaknya satu orang membutuhkan waktu sekitar 45 menit.

Meski lumayan ribet karena ada petugas KPPS yang menggunakan topeng Reog, namun menurut dia hal ini cukup menyenangkan dan mengasyikkan.

"Di TPS 19 total DPT 281 orang, 124 laki-laki dan 157 perempuan. Antusias warga cukup bagus," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com