Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hatta Rajasa Sadar PAN Cuma Bisa "Nebeng"

Kompas.com - 21/03/2014, 18:28 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis


SUMEDANG, KOMPAS.com — Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Hatta Rajasa mengakui bahwa partainya sulit untuk bisa mencapai ambang batas presidensial untuk mengusung calon presidennya sendiri. Oleh karena itu, lanjutnya, PAN berharap akan terjadi koalisi yang kuat.

"Loh, kita sadar, mau tidak mau akan terjadi koalisi," kata Hatta seusai kampanye terbuka di Desa Cikeruh, Kecamatan Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat, Jumat (21/3/2014).

Hatta menambahkan, setelah pemilu legislatif usai, PAN akan mencoba untuk menjajaki hubungan dengan beberapa partai besar yang kemungkinan akan meraih suara nasional di atas 25 persen. Artinya, bukan tidak mungkin PAN akan menggalang koalisi dengan PDI-P, Gerindra, PKS, atau bahkan Golkar yang saat ini elektabilitasnya tengah naik.

"PAN menyadari, tidak mungkin kita tanpa koalisi," ujar Hatta.

Saat ditanya terkait kemungkinan dirinya tidak akan bisa berhasil untuk mencalonkan diri menjadi presiden, Hatta hanya tersenyum simpul. Anggukan kepala yang dia lontarkan pun seakan mengisyaratkan dirinya berbesar hati jika hanya bisa nebeng sebagai wakil presiden dengan calon presiden dari partai lain.

"Setelah pileg ini, kita akan pikirkan dengan siapa kita berkoalisi, kita pikirkan lagi bagaimana sebaiknya kita," tutur Hatta sambil mengatakan target perolehan 11 kursi di DPR dari Jawa Barat dan 77 kursi secara nasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com