Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jaga Harta dan Rawat Ternak, Lebih dari 10.000 Warga Malang Tak Mau Mengungsi

Kompas.com - 16/02/2014, 10:43 WIB
Kontributor Malang, Yatimul Ainun

Penulis


MALANG, KOMPAS.com - Lebih dari 10.000 warga di Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang, tak mau mengungsi. Mereka beralasan ingin menjaga rumah dan harta benda serta hewan ternaknya.

"Hingga saat ini, masih ada 10.983 warga yang tidak mau diungsikan. Kita sudah memaksa, tapi tetap tidak mau diungsikan," kata Ahmad Rifa'i, Ketua Relawan Komunitas Ngaklik saat ditemui di posko pengungsian Pujon, Minggu (16/2/2014).

Sejak terjadi hujan abu di wilayah Kecamatan Ngantang dan Kasembon, tim evakuasi khawatir keselamatan warga. Lantaran tidak mau mengungsi, pihaknya tidak bisa berbuat banyak.

Selain ingin menjaga harta benda, warga bertahan untuk merawat hewan ternak maupun tanaman. "Karena ternaknya tak ada yang memberi pakan. Tanamannya juga tak ada yang merawat. Mereka menilai erupsi Kelud belum begitu berbahaya," katanya.

Sementara itu, Sekretaris PMI Kabupaten Malang Aprilijanto mengatakan, jumlah pengungsi di wilayah Malang hingga Minggu (16/2/2014) mencapai 28.180 orang. Mereka tersebar di 35 titik di Kecamatan Pujon, Kasembon dan Kota Batu.

"Soal kebutuhan makanan dan lainnya, sudah aman. Tak ada kendala. Karena bantuan terus berdatangan," katanya.

Ia menambahkan, hingga saat ini ada 27 orang yang hilang pasca-erupsi Gunung Kelud. "Tapi yang jelas bukan hilang meninggal. Tapi hanya terpisah dari keluarganya," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com