Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Narkoba Diduga Picu Rusuh Rutan Pakjo

Kompas.com - 05/09/2011, 09:14 WIB

PALEMBANG, KOMPAS.com - Dua narapidana (napi) ditemukan tewas di Rumah Tahanan (Rutan) Klas IA Palembang atau Rutan Pakjo, Sumatera Selatan, Minggu (4/9) petang, karena diduga menjadi korban pengeroyokan oleh napi lain.

"Saya belum mau berkomentar banyak terkait kerusuhan antarnapi tersebut, nanti saja akan saya jelaskan secara resmi," kata Kapolda Sumsel Irjen Pol Dikdik Mulyana Arief Mansyur, Senin (5/9/2011).

Informasi dari sejumlah sumber di Palembang menjelaskan keributan antarkelompok napi di Rutan Pakjo itu diketahui terjadi sejak Minggu (4/9/2011) pukul 16.00 WIB.

Dua napi di sana yang tewas mengenaskan terjadi setelah dikeroyok puluhan napi lain dalam keributan tersebut.

Kedua napi yang meninggal itu merupakan penghuni blok 2 Rutan Pakjo, yaitu Rusdi alias Lebek (30), napi kasus kriminal, warga Jalan PSI Lautan, Kelurahan 36 Ilir, Palembang, dan Syaiful alias Ipung (30), napi kasus narkoba, warga Jalan PSI Lautan, Lorong Beriang, Kelurahan 36 Ilir, Palembang.

Dari tubuh Rusdi alias Lebek ditemukan beberapa liang luka tusuk pada kedua paha dan kaki, tangan, pundak kiri dan kepala yang mengalami luka bacok serta luka sayatan di dadanya. Rusdi yang tubuhnya dipenuhi tato bercorak naga dan batik itu diketahui meninggal dunia di lokasi kejadian atau di dalam Rutan Pakjo.

Sementara Syaiful alias Ipung juga meninggal dunia setelah sempat dirawat di RS Islam Siti Khadijah Palembang dengan kondisi mengalami luka tusuk dua liang di paha kiri, satu liang di paha kanan dan di kepala.

Jenazah kedua korban sempat dilarikan ke kamar mayat RSI Siti Khadijah, sebelum dibawa pulang keluarganya ke rumah duka untuk dikebumikan.

Namun, belum diketahui pasti penyebab bentrokan antarnapi itu. Informasi yang beredar juga masih simpang siur, ada yang menduga masalah jual beli narkoba di rutan tersebut, namun ada pula dugaan keributan terjadi karena masalah lain.

Bahkan diperoleh informasi bahwa sebelum keributan itu, sekitar pukul 16.00 WIB, sempat tiga kali terjadi kerusuhan di Rutan Pakjo yang dimulai dari pukul 14.00 WIB.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com