Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pangdam Kasuari Ingatkan Prajurit Kodam Tetap Waspada setelah Perubahan KKB Jadi OPM

Kompas.com - 16/04/2024, 17:40 WIB
Mohamad Adlu Raharusun,
Aloysius Gonsaga AE

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pangdam Mayjen TNI Ilyas Alamsyah Harahap mengingatkan prajurit TNI di jajarannya agar tetap waspada di tengah peralihan sebutan kelompok kriminal bersenjata (KKB) menjadi Organisasi Papua Merdeka (OPM).

“Dengan peralihan nama tersebut, untuk itu kita harus waspada, tetap jaga keamanan serta saya tekankan kembali bahwa jangan ada yang terpengaruh terkait dengan kasus penjualan amunisi," kata Pangdam di Makodam, Selasa (16/4/2024).

Dia menegaskan kepada para prajurit agar sebelum melakukan sesuatu yang berbahaya harus diperhitungkan untung dan ruginya.

Baca juga: Pengamat Sebut Penyebutan KKB Jadi OPM Langkah Maju dari TNI

"Jadi ingat sebelum melakukan sesuatu yang berbahaya harus diperhitungkan terlebih dahulu untung dan ruginya serta jangan mengikuti hawa nafsu dan bujuk rayu apapun itu modelnya,” kata Mayjen TNI Ilyas Alamsyah.

Di sisi lain ia pun menyampaikan permintaan maaf karena saat ini masih dalam momen Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Selaku pribadi, Pangdam beserta keluarga menyampaikan mohon maaf lahir dan batin apabila ada kesalahan sebagai manusia sehingga mudah-mudahan dalam momen ini semua mendapatkan berkah.

Ini merupakan langkah awal untuk beraktivitas kembali setelah cuti bersama Lebaran secara keseluruhan.

Terkait kejadian di wilayah Sorong, Pangdam menyampaikan terima kasih kepada para prajurit jajaran Kodam XVIII/Kasuari karena tidak ada yang terpancing. Tidak ada satu pun yang ikut-ikutan dalam kejadian tersebut dengan kata jiwa korsa.

Baca juga: OPM Ajukan Syarat Pembebasan Pilot Susi Air Philips Mark Mehrtens

“Saya ucapkan terima kasih karena kita mengerti apa yang harus dilakukan, saya katakan bahwa masyarakat itu bukan musuh, juga teman sejawat baik itu TNI AL, TNI AU bahkan Polisi saya tegaskan bukan musuh."

"Apabila ada permasalahan agar diselesaikan dengan baik-baik bukan dengan main hakim sendiri, dan kejadian yang terjadi ini merupakan satu pelajaran bagi kita semua,” jelasnya.

Menjelang akhir tugasnya sebagai Pangdam Kasuari, Mayjen TNI Ilyas Alamsyah Harahap juga mengucapkan terima kasih.

“Di pengujung berdinas di Kodam XVIII/Kasuari ini, saya sampaikan ucapan terima kasih dan bangga yang tinggi atas segala dedikasi."

"Saya juga mengapresiasi karena kalian telah bekerja keras, ikhlas dalam melaksanakan tugas yang dibebankan kepada kita semua, lanjutkan perjuanganmu,” ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com