Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Rumah di Banjarnegara Tertimpa Longsor, 1 Tewas, 2 Luka

Kompas.com - 20/10/2022, 08:35 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Dita Angga Rusiana

Tim Redaksi

BANJARNEGARA, KOMPAS.com - Dua rumah di Dusun Guruh, Desa Sawangan, Kecamatan Punggelan, Kabupaten Banjarnegara, tertimpa longsor, Rabu (19/10/2022) petang. Akibatnya, satu orang tewas dan dua lainnya mengalami luka-luka.

Kabid Kedaruratan dan Logsitik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara Andri Sulistyo mengatakan, longsor terjadi setelah wilayah setempat diguyur hujan lebat lebih dari enam jam.

Baca juga: Polda Kalsel Selidiki Penyebab Longsor Jalan Nasional di Tanah Bumbu

"Intensitas hujan yang tinggi lebih dari enam jam, kemiringan lereng dan jenis tanah di lokasi tersebut menyebabkan tanah longsor," kata Andri saat dihubungi, Kamis (20/10/2022).

Tebing dengan tinggi 50 meter dan lebar 100 meter menimpa dua rumah di bawahnya, yaitu milik Trimo Budi Utomo (65) dan Siskapur (45).

Pemilik rumah pertama hanya mengalami luka ringan. Namun penghuni lainnya atas nama Mistem (55) ditemukan dalam kondisi tidak bernyawa sekitar pukul 23.16.

Sedangkan pemilik rumah kedua mengalami luka sedang. Sementara penghuni lainnya atas nama Samini (75) harus dilarikan ke rumah sakit.

"Samini sempat tertimbun longsor, namun berhasil diselamatkan anaknya," ujar Andri.

Andri mengatakan, pagi ini rencananya akan dilanjutkan pembersihkan material longsor di lokasi kejadian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com