Kompas.com - 19/06/2013, 21:18 WIB
|
EditorFarid Assifa

SAMPANG, KOMPAS.com — Wakil Kepala Polres Sampang Kompol Alfian Nurrizal menjelaskan warga Syiah asal Desa Bluuran dan Desa Karang Gayam, Kabupaten Sampang, Jawa Timur, yang diungsikan di gedung Tennis Indoor Sampang mendapat penjagaan ketat aparat. Hal itu dilakukan menyusul akan digelarnya istighasah ulama pesantren se-Madura pada Kamis (20/6/2013) besok.

Alfian kepada Kompas.com, Rabu (19/6/2013), menyatakan, kepolisian mengerahkan 900 personel menjaga gedung Tennis Indoor dan lokasi istighasah, yakni di lapangan Wijaya, depan rumah Bupati Sampang.

"Karena jarak antara lokasi istighasah dan tempat penampungan berdekatan, kita antisipasi dengan pengamanan ekstra ketat," kata Alfian melalui sambungan telepon seluler.

Menurutnya, aparat yang berjaga termasuk 450 personel dari pasukan Brimob Polda Jawa Timur, 150 Shabara Polda Jawa Timur, dan kekuatan penuh Polres Sampang.

"Pengamanan kita lakukan terbuka dan tertutup untuk mengantisipasi adanya kemungkinan di luar kemungkinan," kata Alfian.

Pengungsi Syiah, kata Alfian, tidak akan ke mana-mana dan tidak akan terusir. Kegiatan Kamis besok pagi berupa istighasah yang akan digelar ulama dan kiai pondok pesantren se-Madura beserta santrinya di lapangan Wijaya, depan rumah dinas Bupati Sampang. 

Sampai berita ini ditulis, Iklil Al Milal, pimpinan Syiah Sampang masih belum bisa dimintai komentar. Beberapa kali telepon bernada aktif belum dijawab. Begitu pula pesan pendek yang dikirim Kompas.com juga belum ada balasan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.