Beberapa Fasilitas Ditutup Sementara

Kompas.com - 07/06/2013, 03:17 WIB
Editor

Jayapura, Kompas - Meski hasil pemeriksaan tim internal PT Freeport Indonesia menyatakan fasilitas utama tambang bawah tanah aman, manajemen perusahaan tambang emas itu memutuskan menutup sementara beberapa fasilitasnya. Langkah itu diambil untuk kelancaran pemeriksaan lanjutan dan perbaikan sesuai standar keselamatan dan kesehatan kerja.

Juru Bicara PT Freeport Indonesia Daisy Primayanti, Rabu (5/6), mengatakan, sejak terjadinya kecelakaan tambang di area tambang bawah tanah Big Gossan, tim inspeksi internal PT Freeport Indonesia mulai 16 Mei melakukan pemeriksaan secara saksama. Tak hanya secara visual, tapi juga menggunakan peralatan, seperti ground penetration radar, seismic, dan survei prisma terhadap fasilitas permanen, area produksi, area pendukung, dan terowongan aktif di daerah pengembangan Deep Mill Level Zone dan Grasberg Block Cave.

Prioritas utama inspeksi dilakukan terhadap fasilitas permanen di tambang bawah tanah dan setiap area yang berpotensi jadi ruang konsentrasi karyawan yang tinggi, seperti ruang makan, tempat ibadah, perkantoran, perbengkelan, pergudangan, penambangan, dan jalan masuk utama. Hal itu dilakukan untuk memastikan semua fasilitas di tambang bawah tanah dalam kondisi stabil dan memiliki penyangga yang baik agar dapat memberikan kenyamanan bagi karyawan untuk melakukan aktivitas kerja kembali dengan aman dan selamat.

Pihak Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral telah menyelesaikan penyelidikan awal dan telah memberikan beberapa rekomendasi. Selain itu, sejak 31 Mei 2013 tim investigasi independen bentukan pemerintah juga telah memulai penyelidikan, termasuk memeriksa penyangga batuan di area tambang bawah tanah. (JOS)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.