Kompas.com - 05/06/2013, 12:06 WIB
|
EditorGlori K. Wadrianto

KENDAL, KOMPAS.com - Tempat wisata Sendang Sikucing, Rowosari, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, dalam lima tahun ke depan terancam hilang. Pasalnya, setiap tahun, tempat wisata milik pemerintah Kabupaten Kendal itu, terkena abrasi hingga empat meter.

Perlu dilakukan pencegahan jika ingin Sendang Sikucing bertahan. Salah satu caranya, dengan membuat sabuk pantai pemecah ombak. Hal itu dikatakan oleh salah satu staf Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kendal, A. Mahronzi, Rabu (5/6/2013).

Mahronzi, yang bertugas menangani Pantai Sendang Sikucing mengatakan, sekitar 100 meter Pantai Sendang Sikucing sudah hilang terkena abrasi. Beberapa upaya seperti penanaman mangrove, sudah dilakukan. Namun, hasilnya tidak ada. "Harus dibuatkan sabuk pantai untuk pemecah ombak," kata Mahronzi.

Mahronzi menambahkan, pembuatan sabuk pantai tersebut sangat perlu dibuat, karena pantai tempat wisata Pantai Cahaya yang ada di samping Sendang Sikucing semakin dilebarkan. Demikian juga dengan tempat pelelangan ikan (TPI) Gempol Sewu Rowosari. "Akibatnya Sendang Sikucing yang kalah," kata Mahronzi.

Sementara, Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Pesisir Utara (Pesut) Kendal, Sukamto, mengatakan, abrasi di Pantai Utara Kendal sangat parah. Pantai sepanjang sekitar 41 kilometer itu, semuanya sudah terkena abrasi. Bahkan, beberapa tambak milik masyarakat, banyak yang hilang. "Abrasi paling parah di Kaliwungu dan Gempolsewu Rowosari," kata Sukamto.

Sukamto menjelaskan, saat ini LSM Pesut baru bisa mengatasi abrasi tersebut dengan cara menanam mangrove. Minggu (9/6/2013) besok, rencananya LSM Pesut akan menanam 15.000 tanaman mangrove di Wonosari, Patebon. "Penanaman dilakukan bersama mahasiswa," kata Sukamto.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.