Kompas.com - 31/05/2013, 16:30 WIB
|
EditorFarid Assifa

SURABAYA, KOMPAS.com - Selain menyerahkan bukti baru terkait hubungan darah antara keluarga Yuwastiningsih dengan pahlawan nasional Dr Soetomo, Kamis (30/5/2013) pewaris sah keluarga Dr Soetomo juga dilaporkan ke Polda Jatim karena dituding memberikan keterangan palsu.

Keluarga Habimono yang merupakan anak dari adik Dr Soetomo yang kini berdomisili di Jakarta itu, kata Yuwastiningsih, telah melakukan pemalsuan surat asal-usul perkawinan dan keterangan palsu, karena mengakui bahwa Dr Soetomo hanya menikah sekali seumur hidupnya.

''Padahal Dr Soetomo faktanya juga pernah menikahi ibu Musni, dan memiliki seorang anak bernama Isahtiningsih, ibu saya,'' katanya, Jumat (31/5/2013).

Tapi fakta tersebut, kata guru SMA Negeri 6 Surabaya itu, dipatahkan semua oleh keluarga Habimono dengan putusan Mahkamah Agung Nomor 69 PK/AG/2008.

''Tapi kami masih memiliki kesempatan, karena putusan itu masih membuka peluang menerima novum baru,'' terangnya.

Suwastiningsih adalah salah satu putri dari Isahtiningsih, yang mengaku sebagai anak satu-satunya perkawinan Dr Soetomo dengan Musni, pembantu yang dinikahi Dr Soetomo setelah istri pertamanya berkebangsaan Belanda meninggal dunia sebelum dikaruniai anak.

Saat Isahtiningsih berusia 13 bulan, Dr Soetomo meninggal dunia karena sakit. Fakta itu dibantah keluarga ahli waris sah Dr Soetomo dengan asumsi bahwa Dr Soetomo yang masih keturunan darah biru tidak mungkin menikahi seorang pembantu dari kalangan masyarakat biasa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.