Kompas.com - 25/05/2013, 13:56 WIB
|
EditorKistyarini

MAGELANG, KOMPAS.com - Sebanyak 1316 personil polisi mengamankan prosesi perayaan Tri Suci Waisak 2557 BE/2013 di Candi Mendut dan Borobudur, Kabupaten Magelang, Sabtu (25/5/2013).

Kepala Sub Bagian (Kasubag) Hubungan Masyarakat  Polres Kabupaten Magelang, AKP Gede Mahardika menerangkan pengamanan dilakukan sebagai antisipasi terhadap gangguan-gangguan keamanan lainnya yang bisa menghambat kelancaran prosesi Waisak.

"Seluruh personel itu terdiri dari Kesatuan Pengendali Massa (dalmas) Polres Kabupaten Magelang dan Magelang Kota, TNI, Polri, Brimob Jawa Tengah-DIY, Polisi Pamong Projo (Pol PP), Dinas Perhubungan (Dishub), dan instansi lain," jelas Gede.

Menurutnya, pengamanan lebih diperketat menyusul banyaknya penggerebekan teroris di beberapa wilayah beberapa waktu lalu. Pengamanan diutamakan saat prosesi kirab air suci dan api abadi dari Candi Mendut ke Borobudur, yang berjarak sekitar 3,7 kilometer.

Selama kirab yang dilaksanakan pukul 14.00 WIB, jalan di seputar Mendut akan diberlakukan sistem buka tutup jalan, khususnya pada jalur yang dilewati kirab. "Bus pariwisata dan kendaraan lain yang akan menuju ke Borobudur tetap bisa melaju meski harus menepi," katanya.

Pihaknya juga akan menyiagakan 21 mobil milik setiap polsek berjaga di setiap jarak 200 meter. Pada prosesi detik-detik atau meditasi yang dilakukan di Candi Mendut pada pukul 11.30 WIB, baik umat Buddha maupun pengunjung yang ingin menyaksikan juga harus melewati petugas dan metal detector.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.