Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1.316 Polisi Amankan Candi Mendut dan Borobudur

Kompas.com - 25/05/2013, 13:56 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - Sebanyak 1316 personil polisi mengamankan prosesi perayaan Tri Suci Waisak 2557 BE/2013 di Candi Mendut dan Borobudur, Kabupaten Magelang, Sabtu (25/5/2013).

Kepala Sub Bagian (Kasubag) Hubungan Masyarakat  Polres Kabupaten Magelang, AKP Gede Mahardika menerangkan pengamanan dilakukan sebagai antisipasi terhadap gangguan-gangguan keamanan lainnya yang bisa menghambat kelancaran prosesi Waisak.

"Seluruh personel itu terdiri dari Kesatuan Pengendali Massa (dalmas) Polres Kabupaten Magelang dan Magelang Kota, TNI, Polri, Brimob Jawa Tengah-DIY, Polisi Pamong Projo (Pol PP), Dinas Perhubungan (Dishub), dan instansi lain," jelas Gede.

Menurutnya, pengamanan lebih diperketat menyusul banyaknya penggerebekan teroris di beberapa wilayah beberapa waktu lalu. Pengamanan diutamakan saat prosesi kirab air suci dan api abadi dari Candi Mendut ke Borobudur, yang berjarak sekitar 3,7 kilometer.

Selama kirab yang dilaksanakan pukul 14.00 WIB, jalan di seputar Mendut akan diberlakukan sistem buka tutup jalan, khususnya pada jalur yang dilewati kirab. "Bus pariwisata dan kendaraan lain yang akan menuju ke Borobudur tetap bisa melaju meski harus menepi," katanya.

Pihaknya juga akan menyiagakan 21 mobil milik setiap polsek berjaga di setiap jarak 200 meter. Pada prosesi detik-detik atau meditasi yang dilakukan di Candi Mendut pada pukul 11.30 WIB, baik umat Buddha maupun pengunjung yang ingin menyaksikan juga harus melewati petugas dan metal detector.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com