Kompas.com - 13/05/2013, 11:21 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

TAIPEI, KOMPAS.com - Pemerintah Taiwan mengultimatum pemerintah Filipina, jika dalam 72 jam ke depan, tepatnya hingga Selasa (14/5/2013), Filipina tak juga mengambil sejumlah langkah konkret positif, sejumlah aksi balasan akan diambil pihak Taiwan termasuk pemutusan hubungan diplomatik.

Dalam pernyataan tertulisnya pemimpin Taiwan Ma Ying-jeou mendesak pemerintah Filipina melakukan sejumlah langkah konkret seperti meminta maaf, menggelar penyelidikan dan mengungkap peristiwa itu, serta menghukum pelaku penembakan.

Tidak cuma itu, Ma juga meminta pemerintah Filipina membayar kompensasi ke keluarga korban tewas, termasuk untuk mengganti kerugian kerusakan kapal yang ditembak, sekaligus memulai negosiasi kesepakatan perikanan secepat mungkin dengan Taiwan.

Pernyataan tertulis itu diunggah, Minggu (12/5/2013), seperti dikutip kantor berita China, Xinhua. "Jika mereka (pemerintah Filipina) tak merespons positif dalam 72 jam ke depan, Taiwan akan membekukan seluruh permohonan pekerja migran Filipina, menarik perwakilan kami dari Manila, dan juga meminta perwakilan Filipina di Taipei keluar," tulis Ma dalam situs web pemerintahnya.

Sebelumnya dikabarkan, seorang nelayan Taiwan, Hung Shih-cheng (65), tewas ketika kapal nelayannya berbobot mati 15 ton diberondong peluru dari senapan mesin ringan kapal penjaga pantai Filipina.

Pihak penjaga pantai Filipina mengklaim memergoki kapal Hung beserta tiga kapal nelayan Taiwan lain, Kamis (9/5) pagi waktu setempat, di 164 mil laut tenggara lepas pantai Taiwan, tengah menangkap ikan di perairan yang diklaim masuk dalam zona ekonomi eksklusif (ZEE) Filipina.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.