Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Umat Kristen Siap Bawakan Mars MTQ

Kompas.com - 03/05/2013, 21:30 WIB

AMBON, KOMPAS.com — Wujud toleransi dipertontonkan oleh umat Kristen di Kota Tual. Sejumlah umat Kristen, baik Protestan maupun Katolik, siap menyanyikan mars dan dan himne Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXV tingkat Provinsi Maluku yang dijadwalkan pembukaannya di Kota Tual pada 5 Mei 2013.

"Kesediaan dan peran serta umat Kristen mencerminkan jalinan keharmonisan antarumat beragama di Kota Tual sebagai warisan budaya leluhur yang dijunjung tinggi," kata Kepala Kementerian Agama Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara, Djamaluddin Bugis, ketika dikonfirmasi dari Ambon, Jumat (3/5/2013).

Umat Kristen juga berperan serta menyambut para kafilah dari delapan Kabupaten dan Kota Ambon, sedangkan Kepulauan Aru berhalangan mengirimkan kafilah karena alasan keterbatasan anggaran.

"Kami (warga Kota Tual) mencerminkan budaya 'Ain Ni Ain' (kita semua orang bersaudara) sebagai warisan leluhur dengan tekad MTQ XXV tingkat Provinsi Maluku berlangsung aman, lancar, dan sukses," ujar Djamaluddin.

Bahkan, raja-raja (sapaan kepala desa di Maluku) yang mayoritas penduduknya beragama Kristen berkoordinasi dengan pendeta menyatakan kesiapan menampung para kafilah selama perhelatan MTQ.

"Jujur peran serta warga Kristen di Kota Tual maupun Kabupaten Maluku Tenggara sungguh menggugah jalinan keharmonisan antarumat beragama yang merupakan aset budaya dan perlu dijunjung tinggi," kata Djamaluddin.

Wali Kota Tual, MM Thamher, optimistis MTQ tingkat Provinsi Maluku di daerahnya bakal sukses karena peran serta umat Kristen, baik Protestan maupun Katolik, yang sejak dini telah bertekad mendukung perhelatan tersebut.

"Pimpinan umat Kristen maupun jemaatnya menyadari bahwa MTQ merupakan tanggung jawab seluruh warga Kota Tual sehingga harus saling membantu, termasuk memelihara stabilitas keamanan demi suksesnya kegiatan itu," katanya.

Ketua DPRD Kota Tual, Rudolf Marthen Waremra, juga memastikan siap menyukseskan perhelatan MTQ tingkat Provinsi Maluku XXV di daerah setempat.

"Kami memberikan dukungan penuh, baik secara politis maupun bagian dari tanggung jawab, sebagai tuan rumah perhelatan yang harus sukses," katanya.

Kota Tual yang dimekarkan dari Kabupaten Maluku Tenggara sesuai  UU No 31 Tahun 2007 tertanggal 10 Juli 2007 ditetapkan sebagai tuan rumah MTQ tingkat Provinsi Maluku 2013 sesuai hasil rapat kerja daerah (Rakerda) LPTQ ke-24 di Dobo, Kabupaten Kepulauan Aru, pada 26 Mei 2011.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com