Kompas.com - 01/05/2013, 14:37 WIB
|
EditorKistyarini

SURABAYA, KOMPAS.com — Pemerintah Kota Surabaya, Jawa Timur, dikecam karena menggelar pesta buruh dalam rangka peringatan Hari Buruh Internasional (May Day), Rabu (1/5/2013).

Pesta itu digelar di Taman Surya, yang berlokasi di depan kompleks kantor Pemerintah Kota Surabaya. Puluhan buruh yang hadir dalam pesta itu dimanja dengan pesta makan bersama Wali Kota Tri Rismaharini. Mereka juga berkesempatan mendapatkan ratusan door prize.

Koordinator Majelis Pekerja Buruh Indonesia Jatim Jamaludin mengatakan, pesta itu adalah upaya pembungkaman serikat buruh. ''Para elemen buruh yang ikut acara di Pemkot itu adalah pengkhianat perjuangan buruh,'' katanya.

Jamal mengatakan, elemen buruh harusnya satu suara dan satu nasib berpanas-panasan turun ke jalan untuk memperjuangkan nasib dan hak buruh yang selama ini masih belum jelas. ''Buruh bukannya malah enak-enakan makan dan bagi-bagi door prize,'' ujarnya.

Sementara itu, ribuan buruh dari sejumlah daerah di Jatim saat ini masih bertahan menggelar unjuk rasa di depan Gedung Negara Grahadi Surabaya. Akibat unjuk rasa itu, Jalan Gubernur Suryo Surabaya ditutup total.

Sejumlah isu sentral yang didengungkan pada peringatan May Day kali ini, antara lain, mendesak pemerintah merealisasikan upah layak nasional, penghapusan sistem kerja alih daya, dijalankannya jaminan sosial, dan mendesak Pemprov Jatim merealisasikan upah minimum sektoral.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    25th

    Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X