Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gelar Pesta Buruh, Pemkot Surabaya Dikecam

Kompas.com - 01/05/2013, 14:37 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Pemerintah Kota Surabaya, Jawa Timur, dikecam karena menggelar pesta buruh dalam rangka peringatan Hari Buruh Internasional (May Day), Rabu (1/5/2013).

Pesta itu digelar di Taman Surya, yang berlokasi di depan kompleks kantor Pemerintah Kota Surabaya. Puluhan buruh yang hadir dalam pesta itu dimanja dengan pesta makan bersama Wali Kota Tri Rismaharini. Mereka juga berkesempatan mendapatkan ratusan door prize.

Koordinator Majelis Pekerja Buruh Indonesia Jatim Jamaludin mengatakan, pesta itu adalah upaya pembungkaman serikat buruh. ''Para elemen buruh yang ikut acara di Pemkot itu adalah pengkhianat perjuangan buruh,'' katanya.

Jamal mengatakan, elemen buruh harusnya satu suara dan satu nasib berpanas-panasan turun ke jalan untuk memperjuangkan nasib dan hak buruh yang selama ini masih belum jelas. ''Buruh bukannya malah enak-enakan makan dan bagi-bagi door prize,'' ujarnya.

Sementara itu, ribuan buruh dari sejumlah daerah di Jatim saat ini masih bertahan menggelar unjuk rasa di depan Gedung Negara Grahadi Surabaya. Akibat unjuk rasa itu, Jalan Gubernur Suryo Surabaya ditutup total.

Sejumlah isu sentral yang didengungkan pada peringatan May Day kali ini, antara lain, mendesak pemerintah merealisasikan upah layak nasional, penghapusan sistem kerja alih daya, dijalankannya jaminan sosial, dan mendesak Pemprov Jatim merealisasikan upah minimum sektoral.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com