Kompas.com - 09/04/2013, 15:16 WIB
|
EditorFarid Assifa

DENPASAR, KOMPAS.com - Sebanyak 52 calon tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Bali yang diduga tertipu agen tenaga kerja PT Reka Wahana Mulia sampai saat ini masih belum ada kejelasan nasib mereka. Para TKI ini telah menyetor total sekitar Rp 1,2 miliar dengan rata-rata per orang Rp 30 juta. Namun sudah 2 tahun tidak diberangkatkan ke luar negeri sesuai janji agen TKI.

"Saya masuk gelombang pertama 2011, tapi setelah kontrak setahun habis belum juga diberangkatkan," ujar Muhammad Taufik Yulianto, salah seorang calon TKI saat ditemui di kantor Disnakertrans Bali, Selasa (09/04/2013).

Taufiq dan teman-temannya telah menempuh berbagai upaya, termasuk melaporkannya ke Polda Bali pada Maret lalu. Namun sampai saat ini para calon TKI ini masih belum mendapat kepastian pengembalian uang mereka.

Hari ini Disnakertrans Bali berusaha mempertemukan antara perwakilan calon TKI dengan PT Reka Wahana Mulia. Namun para calon TKI menolak mediasi ini karena LBH yang mendampingi mereka tidak boleh ikut serta dalam pertemuan tersebut.

Saat melamar dan menandatangai kontrak dengan agen tersebut, para calon TKI ini dijanjikan bekerja di Kanada dan Polandia di bidang perhotelan dan pabrik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.