Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ibadah Jumat Agung di Ambon Berjalan Aman

Kompas.com - 29/03/2013, 10:50 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Pelaksanaan ibadah Jumat Agung di sejumlah gereja di Kota Ambon, Jumat (29/3/2013) pagi berjalan aman dan tertib. Sejak pagi, ribuan umat Kristiani di Kota Ambon memenuhi gereja-gereja yang ada di Ambon. Pemandangan itu terlihat di Gereja Katedral, Gereja Maranatha, Gereja Silo, Gereja Rehoboth dan sejumlah gereja lain.

Tidak ada pengamanan khusus di gereja-gereja tersebut. Namun aparat kepolisian terlihat tetap terlihat berjaga-jaga di sejumlah gereja yang melaksanakan ibadah. Di Gereja Katedral, pelaksanaan ibadah dimulai pada pukul 07.00 wit, dipimpin pastur Theo Amilwatin.

Ibadah paskah yang mengusung tema "Mewujudkan Hidup Sejahtera". Dalam pesannya, Pastur Theo mengajak umat Katolik di Maluku agar selalu mengasihi dan menghargai antarsesama umat beragama di Maluku.

Theo juga meminta kepada umat agar dapat memaknai dan meresapi perjalanan sengsara Yesus Kristus dalam kehidupan sehari-hari. "Umat Katolik di Maluku agar selalu saling menghargai dan menghormati sesama umat beragama, dan tetap meresapi apa yang dialami Yesus Kristus dalam kehidupan sehari-hari," ajak Theo.

Sebelumnya, pada Kamis malam, umat Katolik di Maluku juga melakukan ritual ibadah Kamis Putih yang dilanjutkan dengan acara tuguran sakramen mahakudus. Direncanakan, pada pukul 14.00 wit akan dilakukan Misa Jumat Agung dan dilanjutkan dengan proses jalan salib pada pukul 15.00 wit. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com