Kompas.com - 15/03/2013, 20:04 WIB
EditorKistyarini

MEDAN, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Utara menetapkan pasangan Gatot Pujo Nugroho-Erry Nuradi sebagai gubernur dan wakil gubernur terpilih setelah meraih suara terbanyak.

Penetapan tersebut disampaikan dalam rapat pleno terbuka KPU Sumut yang dilaksanakan di salah satu hotel berbintang di Medan, Jumat (15/3/2013) dengan surat nomor 20/Kpts/KPU-Prov-002/2013.

Penetapan tersebut dilakukan karena pasangan Gatot Pujo Nugroho-Erry Nuradi meraih suara terbanyak dengan meraih 1.604.337 suara atau 33 persen.

Pasangan nomor urut 5 itu mengalahkan pasangan Gus Irawan-Soekirman (nomor urut 1) yang meraih 1.027.433 suara atau 21,13 persen dan Effendi Simbolon-Jumiran Abdi (nomor urut 2) dengan 1.183.187 suara atau 24,34 persen.

Sedangkan dua pasangan lain yakni Chairuman Harahap-Fadly Nurzal (nomor urut 3) meraih 452.096 suara atau 9,30 persen serta pasangan Amri Tambunan-RE Nainggolan (nomor urut 4) yang mendapatkan 594.414 suara atau 12,23 persen.

"Dengan perhitungan suara itu, KPU menetapkan pasangan nomor 5 Gatot Pujo Nugroho dan Erry Nuradi sebagai gubernur dan wakil gubernur Sumut terpilih," kata Ketua KPU Sumut Irham Buana Nasution.

Usai rapat pleno tersebut, Irham mengatakan pihaknya masih menunggu selama tiga hari kerja guna mengetahui kemungkinan adanya gugatan tim pemenangan pasangan cagub Sumut lain ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Jika pihaknya tidak menemukan gugatan ke MK atas hasil pleno tersebut, KPU Sumut akan memproses keputusan itu sebagai persiapan pelantikan pasangan cagub terpilih.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.