Kompas.com - 05/03/2013, 14:07 WIB
|
EditorNasru Alam Aziz

JAKARTA, KOMPAS.com — Rel kereta api antara Krenceng dan Merak tergenang banjir sejak Senin (4/3/2013). Air yang masih menggenangi rel pada Selasa mengganggu perjalanan kereta.

Wakil Kepala PT KAI Daop I Sugeng Priyono mengatakan, KA Kalimaya yang biasanya bertolak dari Stasiun Merak terpaksa berangkat dari Stasiun Cilegon karena rel KA Krenceng-Merak masih tergenang air dan lumpur sekitar 10 cm.

"Genangan air di lokasi banjir Krenceng-Merak  akibat eks galian C di atas bukit di daerah tersebut, sementara saluran air tidak dinormalkan kembali sehingga air dari atas hanya dapat mengalir ke arah rel dengan volume yang besar dan bercampur lumpur," kata Sugeng.

Dia menambahkan, dulu air mengalir ke arah rel, tetapi tidak terlalu besar. Air mengalir ke saluran dan tidak membawa lumpur. Saat ini lumpur mengakibatkan saluran di sekitar jalan rel mampet dan otomatis menggenangi rel. Genangan di rel mulai terjadi Senin, pukul 16.00. Pada pukul 17.30, genangan air sudah surut dan rel dinyatakan bisa dilalui kereta dengan kecepatan maksimal 5 km per jam.

Mulai pukul 18.00, hujan kembali deras dan air menggenangi rel di lokasi yang sama. Ketinggian air sekitar 30 cm di atas rel. Perjalanan kereta berakhir di Cilegon. Beberapa penumpang terpaksa menggunakan angkutan umum lain untuk menuju Merak. Air baru surut pada Selasa pagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.