Tenggelamnya Bahuga Jaya Mulai Disidang di PN Kalianda

Kompas.com - 28/02/2013, 12:07 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

KALIANDA, KOMPAS.com —  Kasus tenggelamnya KMP Bahuga Jaya akibat bertabrakan dengan kapal tanker berbendera Singapura, MT Norgas Cathinka, di Selat Sunda mulai disidangkan, Kamis (28/2/2013). Persidangan ini digelar di Pengadilan Negeri Kalianda, Lampung Selatan.

Sidang kasus pidana tenggelamnya Bahuga Jaya yang menewaskan 7 orang pada 26 September 2012 silam ini menghadirkan terdakwa Ernesto Lat Jr, pria berkebangsaan Filipina, yang merupakan nakhoda MT Norgas Cathinka.

Dalam perkara yang sama, hari ini, PN Kalianda juga akan menyidangkan terdakwa lainnya, yaitu Su Ji Bing, Mualim I MT Norgas Cathinka. Keduanya merupakan dua dari tiga orang yang dianggap paling bertanggung jawab dalam kasus tenggelamnya Bahuga Jaya. Adapun bertindak sebagai majelis hakim dalam perkara ini adalah Afit Rufiadi, Dicky Wahyudi, dan Aryo Widiatmoko.

Bertindak sebagai Jaksa Penuntut Umum adalah Yusna Adia dari Kejaksaan Tinggi Lampung. Kasus kecelakaan itu disidangkan di PN Kalianda karena "locus delicti" atau kejadian perkara tenggelamnya Bahuga Jaya berada di Pulau Prajurit, Bakauheni, yang merupakan wilayah hukum PN Kalianda.

Dalam persidangan ini tampak hadir pula perwakilan dari Skaugen Co, perusahaan pemilik MT Norgas Cathinka, berikut konsultan, dan para penerjemah terdakwa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.