Kompas.com - 19/02/2013, 01:08 WIB
EditorJodhi Yudono

JAKARTA, KOMPAS.com--Perhelatan Indonesia Fashion Week (IFW) 2013 bukan hanya gerakan untuk memajukan industri fesyen tanah air, namun acara yang digelar selama empat hari ini merupakan pesta kain adat seluruh Indonesia.

Lebih dari 150 perancang busana yang berpartisipasi dalam pagelaran busana IFW 2013, menggunakan aneka kain Indonesia. Mulai dari sarung, batik, atau pun tenun disulap menjadi busana siap pakai yang lalu dipamerkan ke khalayak ramai.

Sebagai contoh Lenny Agustin, Ai Syarif, Sony Muchlison, Irna Mutiara, Samuel Watimena, dan sederet desainer lain yang mengunakan kain adat sebagai bahan untuk dijadikan gaun, blus, jaket, celana pipa, kemeja, dan aneka busana siap pakai lainnya.

Ikut memeriahkan kelompok perancang busana yang tergabung dalam Dekranasda Sumatera Barat, memamerkan kekayaan kain khas Sumatera dalam pagelaran "Minangkabau Heritage".

Tidak kalah menarik, beberapa perancang dari Dekranasda Nusa Tenggara Barat, juga memamerkan kain tenun khas NTB melalui pagelaran "Eksotika Tenun NTB".

"Tahun ini IFW masih mengangkat tema sarung Indonesia, karena kami ingin sarung bisa menjadi gaya berpakaian baru," ujar Direktur Indonesia Fashion Week 2013, Dina Midiani.

Dina ingin mengangkat sarung menjadi tren busana nasional menjadi populer menyerupai batik. Perancang busana Poppy Dharsono juga ingin menonjolkan kain adat Indonesia yang bisa digunakan oleh wanita modern bukan hanya sekadar kostum tradisional.

Melalui kreasi terbaru yang berjudul "Indonesia Modern Classic Archipelago" pada pagelaran busana IFW 2013, Poppy menggunakan tenun dan batik sebagai bahan dasar koleksinya.

"Budaya Indonesia itulah yang membuat kita berbeda dengan kreasi Hongkong, Jepang, atau pun India. Namun budaya kita lebih banyak, sehingga lebih mudah untuk membuatnya mendunia," kata Poppy.

Tidak hanya sekadar kain, namun seni kerajinan Indonesia juga ditampilkan berupa tas rotan, sepatu berbahan kain tenun, bordir, serta sulam khas daerah di Indonesia.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.