Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pameran Mural di Pasar Imlek Semawis

Kompas.com - 06/02/2013, 12:52 WIB
Winarto Herusansono

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Pasar Imlek Semawis, tradisi perayaan menyambut Imlek di Kota Semarang, Jawa Tengah, tahun ini diwarnai pameran sekitar 6 lukisan mural. Lukisan mural itu karya Sui Tie Bian, pelukis asal Solo, Jawa Tengah.

Salah satu pengamat kisah China di Semarang, Om Thoha, Rabu (6/2/2013) mengisahkan, lukisan mural itu menggambarkan tema besar Pasar Imlek Semawis (PIS) ke 10 2013 yakni kesucian. Filosofi itu tergambar dari lukisan dan kaligrafi pada mural.

Pameran mural berlangsung di Gedung Rasa Dharma, Jalan Gang Pinggir, Kawasan Pecinan di Semarang berlangsung 6-8 6 Februasi 2013.

Mural itu mengisahkan serangkaian epik dan legenda para tokoh besar China, yang masih hidup dalam diri masyarakat Tionghoa karena mengandung nilai nilai kesucian tiada akhir.

Ketua PIS 2013, Harjanto mengemukakan, pelaksanaan PIS yang sudah memasuki tahun ke 10 semakin baik. Hal itu terbukti banyak didukung oleh masyarakat di kawasan Pecinan, yakni Kelurahan Kauman, Wotgandul dan Kelurahan Kranggan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com