Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Optimistis, Hari Pangan Tanpa Gangguan Asap i

Kompas.com - 08/10/2012, 17:04 WIB
Dwi Bayu Radius

Penulis

 PALANGKARAYA, KOMPAS.com - Pelaksana hujan buatan di Kalimantan Tengah optimistis pelaksanaan Hari Pangan Sedunia (HPS) Tingkat Nasional bisa diselenggarakan tanpa gangguan asap yang berarti. Hujan yang terjadi tiga hari terakhir berturut-turut menjadi indikasi cuaca ke depan akan mendukung pelaksanaan acara tersebut.

Koordinator Pemanfaatan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) Budi Harsoyo di Palangkaraya, Kalteng, Senin (8/10/2012), menjelaskan, pihaknya terus melakukan hujan buatan. "Kami optismistis HPS bisa berjalan lancar. Diperkirakan, cuaca basah akan terjadi sepekan mendatang," katanya.

Penyelenggaraan HPS dianggap sangat penting karena akan dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, menteri-menteri terkait, dan para duta besar. Acara yang diadakan di Palangkaraya pada 18 Oktober 2012 itu akan dihadiri sekitar 2.500 orang.

Pada Sabtu lalu, hujan deras turun. Hujan kembali terjadi Minggu malam kemarin, dilanjutkan pada hari ini. Seiring itu, kabut asap perlahan-lahan berkurang. Budi menuturkan, modifikasi cuaca bertujuan membuat hujan jatuh lebih cepat disertai dengan penambahan intensitas curah air.

"Kami kondisikan hujan ke daerah yang diinginkan. Kalau tidak dilakukan modifikasi cuaca, hujan tak terlalu deras dan jatuhnya belum tentu di tempat yang diinginkan," ujarnya.  

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com