Kompas.com - 18/09/2012, 09:14 WIB
Penulis Kris R Mada
|
EditorAgus Mulyadi

BATAM, KOMPAS.com — Perbaikan Jembatan VI Batam yang ditabrak tongkang APC Aussie 1 tiga setengah bulan lalu tidak kunjung jelas. Padahal, Badan Pengusahaan Batam sebagai penanggung jawab jembatan pernah berjanji bahwa perbaikan akan dimulai sebulan setelah tabrakan.

Ketua Tim Mediasi Dampak Tabrakan Jembatan Zulhendri, di Batam, Selasa (18/9/2012), mengatakan, sampai sekarang para pihak terkait terus berunding mengenai ganti rugi. Pihak yang terlihat adalah asuransi yang ditunjuk agen dan pemilik tongkang, Badan Pengusahaan (BP) Batam, dan masyarakat.

"Sudah beberapa kali pertemuan, masih belum ada kesepakatan," ujar Zulhendri.

Sampai saat ini, total klaim yang diajukan beberapa pihak mencapai Rp 17 miliar. Dana itu antara lain Rp 11 miliar untuk perbaikan jembatan, Rp 200 juta untuk kerusakan lingkungan, dan sisanya untuk memenuhi klaim masyarakat yang merasa dirugikan akibat kerusakan jembatan.

"Antara pemilik dan agen kapal juga belum sepakat, apalagi antara masyarakat dan pemilik kapal," ujar Kepala Dinas Perhubungan Batam itu.

Pemerintah Kota Batam tidak bisa mendesak kapan batas akhir perundingan. Masing-masing pihak diminta memutuskan kesepakatan terbaik. Pihaknya juga tidak bisa memastikan kapan proses perbaikan jembatan akan dimulai. "Kami hanya membantu mediasi," ujarnya.

Direktur Perencanaan BP Batam Istono pernah menyatakan, proses perbaikan akan dimulai pada pertengahan Juni 2012. Proses dimulai dengan penilaian kerusakan selama sebulan. Setelah itu, baru dimulai proses konstruksi yang diperkirakan berlangsung empat bulan (Kompas, 21/6/2012).

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seperti diberitakan, jembatan itu ditabrak tongkang APC Aussie 1 yang dikelola PT Batam Samudera, Rabu (6/6/2012) dini hari. Tabrakan itu membuat bentang kedua jembatan bergeser 1,3 meter. Sisi kanan bentang kedua mengalami kerusakan struktur. Akibatnya, sampai sekarang sisi kanan jembatan ditutup. Warga hanya dapat menggunakan sisi kiri secara bergantian.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X