Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Robohkan Belasan Bangunan di Pedalaman Aceh

Kompas.com - 04/01/2012, 02:07 WIB

BANDA ACEH, KOMPAS.com -- Sedikitnya 11 rumah warga dari sejumlah desa di Kecamatan Beutong Ateuh, Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, rusak berat akibat gempa berkekuatan 5,1 skala Richter yang mengguncang daerah itu, Senin (2/1/2012) pukul 01.09 WIB.
    
Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Aceh Tarmizi Umar di Banda Aceh, Selasa malam, menyatakan bahwa laporan yang diterima dari tim Tagana di lokasi kejadian disebutkan 11 unit rumah penduduk rusak berat dan 69 rusak ringan akibat gempa Senin dini hari itu.
     
"Tidak ada korban jiwa akibat gempa. Itu merupakan laporan yang baru saya terima dari lapangan. Beutong Ateuh merupakan kawasan pedalaman di Aceh," katanya menjelaskan.
     
Kecamatan Beutong merupakan salah satu kawasan pedalaman di Kabupaten Nagan Raya. Tercatat 76 kepala keluarga (KK) atau 323 jiwa penduduk dari sejumlah desa di Beutong itu terkena dampak gempa tersebut.
     
Dalam laporan melalui pesan singkat tim Tagana, Tarmizi menyebutkan selain rumah penduduk, gempa juga mengakibatkan dua bangunan masjid rusak berat, satu rusak ringan.
      
Gempa itu juga mengakibatkan satu dayah (pondok pesantren), satu jembatan dan satu unit puskesmas rusak ringan.
      
Empat desa yang terkena dampak gempa itu yakni Babah Suak, Kuta Tengoh, Blang Meurandeh dan Blang Puuk, kata Tarmizi.
      
Meski tidak ada korban jiwa, namun gempa tersebut mengakibatkan delapan KK atau 18 jiwa penduduk mengungsi.  
     
Stasiun Badan Meteorologi, Klimatologi, dan  Geofisika (BMKG) wilayah pantai barat selatan Aceh, menyebutkan pusat gempa 5,1 SR itu berada di lokasi 4,45 lintang Utara dan 96,39 bujur timur di kedalaman 45 kilometer wilayah Meulaboh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com